Peranan pondok pesantren Darul Fatah sebagai lembaga pendidikan Islam dalam kehidupan beragama masyarakat desa Sidorejo Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khusnah, Ni'matul (2012) Peranan pondok pesantren Darul Fatah sebagai lembaga pendidikan Islam dalam kehidupan beragama masyarakat desa Sidorejo Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ni'matul Khasanah_D01208131.pdf

Download (865kB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren adalah suatu lembaga pendidikan agama islam yang tumbuh serta diakui oleh masyarakat sekitar, dengan system asrama (kampus di mana santri-santri menerima pendidikan melalui system pengajian atau madrasah yang sepenuhnya berada di bawah kedaulatan dan leadership seorang atu beberapa orang kyai dengan ciri-ciri khas yang bersifat kharismatik serta independen dalam segala hal). Keberadaan suatu lembaga pasti mempunyai pengaruh terhadap masyarakat atau lingkungan yang ada di sekitarnya, maka disini penulis mengambil tema penelitian dengan judul "Peranan Pondok Pesantren Darul Fatah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Dalam Kehidupan Beragama Masyarakat Desa Sidorejo Krian Sidoarjo." Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Penyajian data akan peneliti uraikan secara jelas tentang obyek yang diamati serta disajikan dalam bentulc analisis deskriptif. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa profil pondok pesantren Darul Falah tergolong cukup baik, karena pondok pesantren Darul Falah memiliki kelima unsur-unsur pesantren, mempunyai visi dan misi yang sesuai dengan tujuan umum pondok pesantren, serta memilild sarana dan prasarana yang cukup memadai. Kehidupan beragama masyarakat desa Sidorejo juga tergolong cukup baik, hal ini dapat dilihat dan i kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh para warga shalat berjama'ah setiap kali adzan berkumandang, mengikuti setiap kegiatan jam'iyah yang ada di desa, mengikuti pengajian-pengajian yang diadakan oleh pondok pesantren Darul Falah, Peranan pondok pesantren Darul Falah sebagai lembaga pendidikan Islam dalam kehidupan beragama masyarakat desa Sidorejo Krian Sidoarjo cukup besar. hal itu terbukti dan i perubahan kehidupan beragama masyarakat desa Sidorejo Krian Sidoarjo dan i sebelum berdirinya pondok pesantren Darul Faith dan sesudah berdirinya pondok tersebut. Masyarakat mendapat wawasan yang cukup luas tentang kehidupan beragama melalui pengajian-pengajian yang diadakan pondok pesantren Darul Falah, dan program-program yang diadakan oleh pondok pesantren Darul Faith juga mempunyai peranan yang besar dalam kehidupan beragama masyarakat desa Sidorejo seperti kegiatan pembinaan gira'ah, pembinaan MC, pembinaan Ichitabah, pembinaan pembacaan yasin dan tahlil, pembinaan pembacaan shalawat burdah dan diba'iyah dan pembinaan seni baca A1-Qur'an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khusnah, Ni'matulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pesantren
Uncontrolled Keywords: Pondok pesantren; lembaga pendidikan Islam; kehidupan beragama; masyarakat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2018 08:28
Last Modified: 04 Jan 2018 08:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21832

Actions (login required)

View Item View Item