Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan keterampilan berwudlu mata pelajaran fiqih kelas I MI As Syafi'iyah Tanggul Wonoayu Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurmawati, Dwi Indah (2012) Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan keterampilan berwudlu mata pelajaran fiqih kelas I MI As Syafi'iyah Tanggul Wonoayu Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dwi Indah Nurmawati_D07208037.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan perlunya untuk perubahan dalam peningkatan dalam kegiatan proses belajar mengajar. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab yang menjadikan pembelajaran kurang efektif yaitu metode yang digunakan kurang menarik bagi siswa, kurang termotivasinya siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga siswa kesulitan dalam menerima materi yang disampaikan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaa, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, lembar pengamatan, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Untuk meningkatkan keterampilan berwudlu siswa kelas I mata pelajaran fiqih, maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan penerapan metode demonstrasi. Pada siklus I aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran masih ada beberapa kendala yang dihadapi. Dan pada siklus I sebagian siswa masih kesulitan dalam menerima materi yang disampaikan. Hal ini ditunjukkan dengan memberikan penjelasan kepada siswa tentang langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi. Dalam siklus II ini dari guru dan siswa sudah ada peningkatan yang lebih baik dari siklus sebelumnya. Dari hasil observasi aktivitas guru meningkat dari 76,3% (siklus I) menjadi 95,8% (siklus II). Sedangkan aktivitas siswa meningkat dari 73,5% (siklus I) menjadi 91,1% (siklus II). Adapun hasil tingkat keterampilan berwudlu berdasarkan pengamatan psikomotor siswa secara individu menunjukkan peningkatan dari nilai rata-rata dari 58,75 (siklus I) menjadi 78,25 (siklus II). Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu 55% menjadi 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini adalah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan berwudlu mata pelajaran fiqih kelas I MI As Syafi'iyah Tanggul Wonoayu Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurmawati, Dwi IndahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode demonstrasi; Keterampilan berwudlu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2018 04:47
Last Modified: 04 Jan 2018 04:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21828

Actions (login required)

View Item View Item