Hubungan penggunaan strategi jigsaw learning dalam keaktifan pembelajaran pendidikan agama Islam kelas 2 semester II tahun ajaran 2011/2012 di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kepohbaru Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Siti Nur (2012) Hubungan penggunaan strategi jigsaw learning dalam keaktifan pembelajaran pendidikan agama Islam kelas 2 semester II tahun ajaran 2011/2012 di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kepohbaru Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Nur Sholikhah_D01208154.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode dan strategi pembelajaran yang kurang tepat dan monoton dalam proses belajar mengajar akan membuat materi-materi pelajaran yang disampaikan oleh guru sulit untuk diterima dan dicema oleh siswa. Maka dengan strategi Jigsaw Learning ini membuat materi-materi yang disampaikan oleh guru mudah untuk diterima dan cema oleh siswa Dengan strategi belajar aktif, siswa akan mampu memecahkan masalahnya sendiri, yang paling penting melakukan tugasnya sesuai dengan pengetahuan yang mereka miliki. Dalam strategi Jigsaw ini, siswa dibagi secara kelompok, siswa dapat mendiskusikan dalam kelompok kecil. Setiap anggota kelompok kecil berusaha membuat resum untuk mencapai kompetensi yang telah ditetapkan. Kemudian membentuk kelompok baru secara acak dan setiap anggota kelompok untuk saling menjelaskan resum kepada semua anggota dalam kelompok baru tersebut sehingga diperoleh pemahaman yang utuh. Sedangkan permasalahan yang diambil adalah bagaimana penerapan Strategi Jigsaw Learning dalam pembelajaran PAl, Bagaimana Keaktifan pembelajaran PAI di SMPN 1 Kepohbaru Bojonegoro, adakah hubungan penggunaan strategi Jigsaw dengan keaktifan pembelajaran PAI di SMPN 1 Kepohbaru Bojonegoro. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, yakni metode yang menggunakan rumus-rumus statistik yang sesuai dengan pennasalahan yang ada. Karena penelitian ini berusaha untuk mengetahui Hubungan antara pengunaan strategi jigsaw dan Keaktifan pembelajaran siswa, maka sesuai dengan rumus statistic menggunakan rumus product Moment. Dan dari sampel yang diambil, dapat dilihat bahwa dengan df=34 berarti taraf 1% = 0,4908 dan pada taraf 5% = 0,388 dengan ro = 0,732 berarti ro > rt, maka (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, jadi kesimpulannya ada Hubungan penggunaan strategi Jigsaw Learning dalam keaktifan Pembelajaran Pendidikan Agama islam kelas 2 semester II di SMPN 1 Kepohbaru Bojonegoro.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, Siti NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Strategi Jigsaw Learning; Keaktifan Pembelajaran PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2018 08:53
Last Modified: 03 Jan 2018 08:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21820

Actions (login required)

View Item View Item