Dampak pemikiran KH. Ahmad Dahlan terhadap pelaksanaan kurikulum di SMP Muhammadiyah 2 Taman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Elfany, Reiza (2012) Dampak pemikiran KH. Ahmad Dahlan terhadap pelaksanaan kurikulum di SMP Muhammadiyah 2 Taman. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Reiza Elfany_ D01205229.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mencoba mengkaji tentang dampak pemikiran K.H. Ahmad Dahlan terhadap pelaksanaan kwikulum dan pembelajaran di SMP Muhammadiyah 2 Taman. K.H. Ahmad Dahlan merupakan salah satu tokoh besar dalam dunia pendidikan di Indonesia. Pemikiran beliau tentang pendidikan memberikan nuansa barn dalam khazanah ilmu dan keimanan masyarakat Indonesia. Meskipun kurikulum yang digunakan SMP Muhammadiyah 2 taman menggunakan kurikulum sekolah umum, tapi Muhammadiyah tetap memasukkan unsur Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (Ismuba) kedalam proses pembelajaran semua mata pelajaran sehari-hari. Dari hal itu, maka setiap guru mata pelajaran umum memiliki kewajiban untuk juga menyampaikan ilmu agama kepada siswa sebagai bekal siswa kelak. Sesuai pemikiran KH. Ahmad Dahlan yang mencoba menyeimbangkan antara ilmu agama dengan ilmu umum, maka diharapkan siswa dapat memiliki kekuatan ilmu dan juga kekuatan spiritual, sehingga siswa mampu menjadi manusia yang sempurna (insan kamil). Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan jenis lapangan (field research) dan ditunjang oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan tema yang dibahas di skripsi ini (library research). Adapun yang menjadi tolok ukur pelaaksanaan kurikulum dan pembelajaran adalah hasil wawancara dan observasi yang telah disesuaikan dan dilaksanakan dengan kondisi yang sebenarnya. Dan setelah dilakukan penelitian di SMP Muhammadiyah 2 Taman, maka dapat disimpulkan bahwa semua guru mata pelajaran umum di sekolah ini, senantiasa memasukkan nilai-nilai agama kedalam proses pembelajaran, sebagai amanat persyarikatan Muhammadiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Elfany, ReizaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Pemikiran KH. Ahmad Dahlan; Pelaksanaan kurikulum; Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2018 07:44
Last Modified: 03 Jan 2018 07:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21819

Actions (login required)

View Item View Item