Efektivitas pembelajaran Al Quran metode manhaji terhadap keberhasilan belajar siswa kelas XII IPA bidang studi Al Quran Hadits di MA Al-Ihsan Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudah, Alfiyatul (2012) Efektivitas pembelajaran Al Quran metode manhaji terhadap keberhasilan belajar siswa kelas XII IPA bidang studi Al Quran Hadits di MA Al-Ihsan Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfiyatul Mahmudah_D01208087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Proses pendidikan dalam sistem persekolahan kita, umumnya belum seberapa menerapkan metode pembelajaran yang mengacu pada keberhasilan belajar siswa secara keseluruhan, yaitu keberhasilan pada aspek kognitif, psikomotor, dan afektif siswa. Dan keberhasilan belajar siswa itu juga sangat dipengaruhi oleh metode dalam pembelajarannya. Oleh karena itu bila berbicara tentang rendahnya daya serap atau prestasi belajar, maka salah satu adalah karena belum terwujudnya ketrampilan pembelajaran siswa aktif. Masalah keberhasilan dalam belajar menyangkut masa depan siswa lebih-lebih bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar. Pendekatan metode pembelajaran yang tepat yaitu metode manhaji adalah salah satu usaha dalam pendidikan yang bertujuan untuk memotivasi siswa mencapai penguasaan terhadap kompetensi khususnya bidang studi al-Qur'an Hadits disekolah adalah bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui pengetahuan, penghayatan, clan pengalaman peserta didik sehingga menjadi manusia muslim yang bertaqwa, berbangsa dan bernegara. Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang perlu dijawab, meliputi Bagaimana pelaksanaan pembelajaran al-Qur' an dengan menggunakan metode manhaji di kelas XII IPA MA. Al-Ihsan Krian Sidoarjo, Bagaimana keberhasilan belajar siswa bidang studi al-Qur'an Hadits di kelas XII IPA MA. Al-Ihsan Krian Sidoarjo, Bagaimana efektivitas pembelajaran al-Qur'an dengan metode manhaji terhadap keberhasilan belajar siswa bidang studi al-Qur'an Hadits di kelas XII IPA MA.Al-Ihsan Krian Sidoarjo. Untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti menggunakann penelitian kuantitatif, sehingga basil yang diperoleh berupa angka dari basil perhitungan. Untuk menganilis data tentang pelaksanaan pembelajaran al­ Qur'an metode manhaji terhadap keberhasilan belajar al-Qur'an Hadits, menggunakan rumus prosentase, sedangkan analisis terhadap pengaruh pembelajaran al-Qur'an metode manhaji terhadap keberhasilan belajar al-Qur'an Hadits, menggunakan rumus product momen. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, pelaksanaaan pembelajaran al-Qur'an metode manhaji sudah cukup baik dalam penerapannya, dan bisa meningkatkan keberhasilan belajar siswa bidang studi al-Qur'an Hadits di kelas XII IPA MA.Al-Ihsan Krian Sidoarjo. Hal ini terbukti dengan frekuansi jawaban A terbanyak pada metode manhaji adalah 192 dan keberhasilan belajar siswa adalah 188, ini menunjukan kalau keduanya dalam kategori baik. dapat diperoleh bahwa efektifitas pembelajaran pembelajaran al-Qur'an metode manhaji terhadap keberhasilan belajar siswa adalah kategori tinggi, karena terdapat nilai dari basil product moment adalah 0,6.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudah, AlfiyatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Pembelajaran Al-Qur'an; Metode Manhaji; Keberhasilan Belajar
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2018 03:55
Last Modified: 03 Jan 2018 03:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21810

Actions (login required)

View Item View Item