Konsep diri pada remaja tunanetra di YPAB (Yayasan Pendidikan Anak Buta)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Chusniatul (2012) Konsep diri pada remaja tunanetra di YPAB (Yayasan Pendidikan Anak Buta). Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chusniatul Fitriyah_B07208037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masa remaja adalah masa dimana seseorang mulai memikirkan tentang cita-cita, harapan dan keinginan. jika pada masa ini remaja menghadapi kejadian, seperti kecelakaan atau faktor ekstemal lainnya yang dapat membuat kondisi fisiknya yang awalnya sempurna menjadikannya memiliki kondisi fisik yang kurang sempuma akan membuat hidupnya dan juga cita-citanya hilang atau berubah karena kondisi yang dialamiya. Misalnya, karena faktor ekstemal tersebut membuat indra penglihatannya menjadi tidak berfungsi lagi (tunanetra). Namun, remaja tunanetra yang memiliki konsep din i yang positif maka akan mampu menerima keadaan dirinya walaupun keadaan dirinya cacat sekalipun. Penelitian ini bertujuan (1) memahami bentuk konsep din, (2) memahami aspek konsep diri, (3) memahami faktor yang mempengaruhi konsep diri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif strateg study kasus. Subyek Penelitian ini adalah 2 remaja tunanetra. Pengambilan data dilakukan dengan tekhnik wawancara serta observasi untuk menggali data secara mendalam dani subyek penelitian. Dan i hasil penelitian ini, diperoleh hasil bahwa remaja tunanetra memiliki gambaran positif tentang dirinya. (1) Bentuk Konsep diri yang dimililci remaja tunanetra yakni dimensi internal dan dimensi eksternal, dimana subyek memiliki konsep diri positif tentang dirinya dan bisa menerima kondisi fisiknya. Adapun (2) aspek Konsep diri pada remaja tunanetra yakni pengetahuan, harapan dan penilaian. Subyek memiliki pengetahuan yang cukup tentang kondisinya serta memiliki harapan untuk masa depannya. (3) Konsep diri tersebut di pengaruhi oleh Usia Kematangan, Penampilan Diri, Kepatutan Seks, Nama dan Julukan, Hubungan Keluarga, Teman-teman Sebaya, Kreativitas, serta Cita-cita.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, ChusniatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Cacat - Tunarungu
Psikologi
Remaja
Keywords: Konsep diri; remaja; tunanetra
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Dec 2017 09:31
Last Modified: 29 Dec 2017 09:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21788

Actions (login required)

View Item View Item