Mitologi masyarakat Madura: studi tentang konstruksi sosial alas upacara Arokat Makam di Desa Gunung Rancak Kecamatan Robatal Kabupaten Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Husnul (2011) Mitologi masyarakat Madura: studi tentang konstruksi sosial alas upacara Arokat Makam di Desa Gunung Rancak Kecamatan Robatal Kabupaten Sampang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Husnul Khotimah_B05207005.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kebudayaan merupakan hal sangat penting dalam kehidupan manusia. Setiap manusia hidup dengan budayanya masing-masing. Sehingga salah satu manusia bisa di lihat dan i budayanya. Segala yang di lalcukan manusia tidal( bisa lepas dan i latar belakang budaya. Adapun yang ingin di kaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana upacara arokat makam dalam kontruksi masyarakat Desa Gunung Rancak Kecamatan Robatal Kabupaten Sampang? (2) Bagaimana pandangan masyarakat sekitar terhadap upacara arokat makam di Desa Gunung Rancak Kecamatan Robatal Kabupaten Sampang? Untuk menjawab pertanyaan di atas secara mendetail, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif diskriptif. Metode ini yang akan menggambarkan dan menjelaskan serta mencari data tentang kepercayaan masyarakat terhadap upacara Arokat Makam. Kemudian notabennya akan di lihat apakah benar sesuai dengan fakta yang ada. Inilah yang akan di paparkan dalam skripsi ini. Penelitian lapangan di temukan bahwa budaya Arokat Makam yang memadukan dengan ajaran-ajaran agama dengan budaya setempat yang diwariskan oleh leluhurnya dengan tujuan untuk mendapatkan keberkahan dan keselamatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, HusnulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat
Sosiologi
Budaya
Uncontrolled Keywords: Masyarakat Madura; Budaya; upacara Arokat makam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2017 08:23
Last Modified: 28 Dec 2017 08:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21785

Actions (login required)

View Item View Item