Strategi dan instrumen marketing politik Risma-­Bambang di Kec. Bulak pada pilwali Surabaya 2010

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholifah, Umi (2011) Strategi dan instrumen marketing politik Risma-­Bambang di Kec. Bulak pada pilwali Surabaya 2010. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Kholifah_E04207022.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang strategi dan instrumen marketing politik Risma­ Bambang di kec. Bulak pada pilwali Surabaya 20 I 0. Skripsi ini sekaligus merupakan jawaban terhadap rumusan masalah, pertama, strategi marketing politik yang digunakan Risma-Bambang di kecamatan Bulak pada pilwali Surabaya 20 I 0. Kedua, instrumen marketing politik yang digunakan Risma-Bambang di kecamatan Bulak pada pilwali Surabaya 2010. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Adapun tehnik pengumpulan data yang diguna.kan adalah in depth interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teori yang dipa.kai adalah theory of political marketing management, konsep pendekatan perila.ku pemilih dan konsep pilkada langsung. Temuan penelitian ini adalah pertama, strategi marketing politik yang meliputi segmentasi pemilih, targetisasi dan positioning. Risma-Bambang mengguna.kan segmentasi geografi yakni dari segi masing-masing kelurahan dan segmentasi demografi yakni dari segi umur, jenis kelamin dan pekerjaan. Targetisasi, daerah yang ditargetkan menyumbangkan suara ma.ksimal yaitu wilayah kelurahan Bula.k yakni 100 suara dari setiap TPS dan 10% dari setiap TPS di kelurahan Sukolilo, Kedung Cowek, Komplek dan Kenjeran. Pemilih perempuan, pemilih produktif, segmen pelajar dan karyawan swasta. Track record, dan image figur Risma-Bambang menjadi positioning mereka. "RIDHO/RIMBA" dan "Not The Others" merupakan brand bagi pemenangan mereka yang dilekatkan dalam benak masyara.kat Surabaya. Not The Other seolah memberi penegasan kepada masyara.kat Surabaya bahwa hanya Risma-Bambang yang pantas untuk dipilih bukan yang lainnya. Kedua, instrumen marketing politik meliputi produk, komunikasi, distribusi serta cost management. Produk yang pertama adalah karakteristik kandidat ya.kni performance Risma-Bambang. Produk kedua yaitu partai, partai pengusung Risma­ Bambang adalah PDI-P. Suara potensial PDI-P sebesar 2.872 suara sebagai modal awal untuk memenangkan Risma-Bambang di kecamatan Bula.k. Produk ketiga adalah platform kandidat yang meliputi visi-misi dan program kerja kandidat. Pola politik apresiasif digunakan Risma-Bambang untuk bersosialisasi dengan cara berbaur bersama masyarakat secara langsung melalui pertemuan terbatas seperti bersih-bersih pantai bersama warga, pendekatan terhadap pemuda dan kelompok sosial. Media cetak dan media elektronik juga digunakan Risma-Bambang sebagai salah satu media yang efektif untuk mendekatkan kandidat dengan masyarakat Surabaya, bentuknya adalah iklan kampanye, debat politik, spanduk, kaos serta penempelan stiker dari rumah ke rumah. Cost management, besaran dana yang dikeluarkan oleh pasangan Risma-Bambang selama periode kampanye yaitu 2 milyar. Penerapan strategi dan instrumen marketing politik tersebut berhasil mengantarkan Risma-Bambang menjadi walikota dan wakil walikota Surabaya 2010-2015.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholifah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ideologi Politik
Kepala Daerah
Manajemen Strategi
Keywords: Strategi marketing; instrument marketing; marketing politik; Risma-Bambang
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:04
Last Modified: 28 Dec 2017 03:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21771

Actions (login required)

View Item View Item