Peningkatan kemampuan membedakan jenis hewan sesuai makanannya kelas IV menggunakan metode permainan edukatif tusuk hewan di MI al-Amin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Surotin (2012) Peningkatan kemampuan membedakan jenis hewan sesuai makanannya kelas IV menggunakan metode permainan edukatif tusuk hewan di MI al-Amin Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Surotin Agustina_D07208045.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa kurang memiliki kemampuan membedakan jenis hewan yang disebabkan karena kurang penguasaan materi, keberanian rendah, dan budaya belajar yang masih senang menerima sehingga basil belajar siswa sangat rendah. Dari 33 siswa, hanya 19 siswa (57,58%) yang berhasil mencapai KKM 70 sedangkan 14 siswa (42,42%) masih belum tuntas. Untuk meningkatkan kreativitas siswa tersebut, peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui pennainan edukatif yang dilakukan dengan dua siklus. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana kemampuan membedakan siswa kelas IV pada pembelajaran IPA di MI AL-AMIN sidoarjo?(2)bagaimana implementasi permainan edukatif siswa kelas IV di MI AL-AMIN Sidoarjo?(3)Bagaimana peningkatan kemampuan membedakan siswa melalui metode permainan edukatif siswa kelas IV di MI AL-AMIN Sidoarjo?. Untuk memperoleh basil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas. Model PTK yang digunakan yaitu model kurt lewin. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan pembelajaran membedakan jenis hewan dengan menggunakan permainan edukatif tusuk hewan berjalan dengan baik melalui perbaikan-perbaikan pada tiap siklus. Dalam . PBM aktivitas guru meningkat dari skor perolehan 63 pada siklus I, menjadi 104 pada siklus II dan 116 pada siklus III. Aktivitas siswa meningkat dari skor perolehan 39 pada siklus I, menjadi 60 pada siklus II dan 70 pada siklus III. Sedangkan nilai rata-rata siswa pada siklus I 67,27 menjadi 72,87 pada siklus II dan 80 pada siklus III, Begitu pula dengan ketuntasan belajar yang meningkat dari 60,61% pada siklus Idengan kategori kurang, menjadi 81,82% pada siklus II dan 93,94% pada siklus III.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, SurotinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode permainan edukatif tusuk hewan; kemampuan membedakan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Dec 2017 02:43
Last Modified: 27 Dec 2017 02:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21762

Actions (login required)

View Item View Item