Peningkatan hasil belajar IPS melalui pembelajaran kooperatif model Number Head Together (NHT) pada siswa kelas IV Ml Roudlotul Mustashlihin Sukodono

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Alfania (2012) Peningkatan hasil belajar IPS melalui pembelajaran kooperatif model Number Head Together (NHT) pada siswa kelas IV Ml Roudlotul Mustashlihin Sukodono. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Alfania Rahmawati_D07208042.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diiakukan oleb peneliti sebagai guru untuk mengumpulkan informasi guna meningkatkan basil belajar siswa di lv1I Roudlotul Mustasblibin. Tujuan dari penelitian ini tak lain adalah untulc mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model Number Head Together (NHT) sebagai salah satu pemecahan masalah untuk meningkatkan basil belajar IPS siswa kelas IV MI Roudlotul Mustasblihin. Model pembelajaran kooperatif Number Head Together (NHT) adalah suatu mode] pembeJajaran kelompok yang melaJ ui penekanan pada fase penomoran, pengajuan pertanyaan, berpikir bersama dan pemberian jawaban yang bertujuan untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan meningkatkan penguasaan akademik. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Number Head Together (NHT) daJam proses pembelajaran dapat mclatih siswa dalam meningkatkan keteram pilan berkomunikasi melalui diskusi kelompok serta meningkatkan semangat berpikir siswa baik secara individu maupun kelompok. Dengan demikian siswa akan lebib aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas dan hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix kualitatif clan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Roudlotul Mustasblibin Sukodono yang berjumlab 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleb peneliti adalah metode observasi terhadap aktivitas guru •dan siswa selama proses pembelajaran, serta tes hasil belajar siswa. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I sebcsar 80,22 dengan persentase ket untasan 77,5% meni ngkat menjadi 85,17 dengan persentase 100% pada siklus II. Aktivitas guru juga meningkat dari persentase '/ 76% pada siklus I, menjadi 86% pada siklus II. Begitu pula aktivitas siswa yang meningkat dari persentase 78% pada siklus I, kem ud ian meni ngkat sebesar 88% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model Nuinber Head Together (NHT) dapat meingkatkan hasil belajar JPS materi kenampakan alam pada siswa keJas IV MI Rou.dlotul Mustashlihin Sukodono.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, AlfaniaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Number Head Together (NHT); hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Dec 2017 09:31
Last Modified: 22 Dec 2017 09:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21760

Actions (login required)

View Item View Item