العوطف في القصة ممو زين لرمضان البوطى: دراسة الأدبية النفسية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Aditiya Yudha Suci Wulan (2012) العوطف في القصة ممو زين لرمضان البوطى: دراسة الأدبية النفسية. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Aditiya Yudha Suci Wulan Sari_A31208007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam kajian sastra, khususnya sastra arab 'atifah merupakan salah satu unsur penting dari beberapa unsur dalam sastra yang juga termasuk bagian dari unsur intrinsik yaitu unsur yang membangun sebuah karya sastra dan menjadikannya memiliki keindahan baik dalam segi bahasa maupun dari segi emosi yang ditampilkan dalam watak para tokoh maupun settingnya. Dalam skripsi ini penulis meneliti tentang emosi yang terdapat dalam novel " Mamo-Zein" karya Dr. Said Ramadhan El-bouty yang merupakan sastrawan modern pada abad ini. penulis memfokuskan permasalahan dalam penelitian ini menjadi :(1) Siapakah Ramadhan El-Bouthy?,(2) Apakah yang dimaksud dengan emosi?,(3) Apakah macam- macam emosi dalam kisah "Mamo-Zein"? Kisah "Mamo-Zein" menceritakan tentang percintaan antara seorang sekretaris istana yang mencintai seorang perempuan adik pembesar istana,akan tetapi hubungan tersebut tak direstui oleh pembesar istana Kisah ini diceritakan dengan bahasa yang indah, serta banyak ditemukan emosi dalam setting maupun perwatakan tokohnya. Dalam sastra, emosi dibagi menjadi 2: Emosi asy-syakhsiyah/ 'athifatul hub (emosi perseorangan/perasaan senang) yaitu: perasaan pribadi yang dirasakan tokoh dalam cerita meliputi bahagia,pujian,harapan,cinta, Emosi alamiah/ 'athifatul ghodhob (emosi ketidaksenangan/benci). perasaan yang menimbulkan pembangkitan kesedihan yang dirasakan oleh pembaca seolah-olah merasakan beban kehidupan tokoh dalam cerita meliputi: ketakutan, hinaan, kesedihan, heran, dengki, putus asa dan marah. Dalam menganalisis data penulis terlebih dulu mengumpulkan data-data yang bersumber dari dalam buku-buku dan teks-teks yang berkaitan dengan permasalahan. untuk memahami data yang terkumpul penulis menganalisis secara induktif, kemudian dikaji secara analitis deskriptif dengan pendekatan intrinsik dan ekstrinsik untuk menunjukkan gambaran permasalahan yang dimaksud.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Aditiya Yudha Suci Wulan--UNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Uncontrolled Keywords: Emosi; sastra Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Dec 2017 09:01
Last Modified: 22 Dec 2017 09:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21759

Actions (login required)

View Item View Item