عناصر الأوزان العروضية والقافية في قصيدة الحبيب عبدالله بن حسين بن طاهر باعلوي في كتاب النور البرهان لأبي لطف الحكيم مصلح بن عبد الرحمن المراقي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Nani (2012) عناصر الأوزان العروضية والقافية في قصيدة الحبيب عبدالله بن حسين بن طاهر باعلوي في كتاب النور البرهان لأبي لطف الحكيم مصلح بن عبد الرحمن المراقي. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nani Pratiwi_A31208005.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21758

Abstract

Ilmu Arudl dan Qowafi merupakan salah satu cabang dari kesusastraan Arab. Adapun pengertian Ilmu arudl adalah ilmu yang membahas pola-pola syi 'ir Arab unruk mengetahui wazan yang benar dan yang rusak serta perubahan-perubahan yang terjadi pada wazan syi 'ir Arab. Sedangkan ilmu qawfili adalah ilmu yang membahas ujung kata di dalam bait syi 'ir yang terdiri dari huruf akhir yang mati di ujung bait sampai dengan huruf hidup sebelum huruf mati. Oleh karena itu Ilmu Arudl begitu identik dengan ilmu Qawafi. Eratnya kaitan Arudl dengan Qawafi ini bisa dilihat dari keberadaan kitab-kitab yang membahasa Arudl pasti juga membahas Qawafi. Habib Abdullah bin Husein bin Thohir Ba'alawi merupakan salah satu ulama' besar dan terkenal sebagai seorang laki-laki yang cerclas pada zamannya. Beliau lahir di kota tarim pada tahun 1191 dan wafat pada tahun 1272. Banyak syi 'ir maupun qoshidah yang telah beliau tinggalkan diantaranya yaitu qoshidah Yaa Ar Hamar Rohimin yang juga terdapat pada kitab Al-Nur Al-Burhani karya Abi Luthfi Al­Hakim Mushlih bin Abdurrahman Al- Maraqi atau yang lebih terkenal di masyarakat dengan kitab manaqib, yang mana qoshidah tersebut diatas akan di bahas penulis dalam tulisan skripsi ini. Adapun Fokus permasalahan dalam skripsi ini adalah (i) apa irama atau wazan yang digunakan dalam qosidah Habib Abdullah bin Husein bin Thohir Ba'alawi, (ii) perubahan apa yang terdapat dalam qosidah Habib Abdullah bin Husein bin Thohir Ba'alawi, (iii) apa unsur-unsur sajak (qofiyah) yang ada dalam qosidah Habib Abdullah bin Husein bin Thohir Ba'alawi. Berkenaan dengan itu, maka dalam penelitian literature ini digunalan metode intrinsik, dengan menjelaskan sisi ilmu Arudl clan Qofiyah yaitu mengenai irama (wazan) clan pembahasannya serta sajak (qofiyah) yang terdapat dalam lafadz-lafadz pada bait-bait qosidah tersebut yang terdiri dari 36 bait. Dan hasil temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1 . Irama atau Waz.an arudl yang digunakan oleh Habib Abdullah bin Husein bin Thohir Ba'alawi pada qosidah beliau adalah bahar basith yang di buang setengahnya dan tetap setengahnya, 2. Bentuk Perubahan yang terdapat pada qoshidah tersebut. 3. Unsur-unsur sajak atau qojiyah yang terclapat pada qoshidah tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, Nani--UNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Unsur irama qosidah; unsur irama sajak qosidah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Dec 2017 07:08
Last Modified: 22 Dec 2017 07:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21758

Actions (login required)

View Item View Item