Meningkatkan hasil belajar materi perekonomian masyarakat kelas IV menggunakan pendekatan inkuiri di MI Tri Shakti Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainiyah, Luluk Nur (2012) Meningkatkan hasil belajar materi perekonomian masyarakat kelas IV menggunakan pendekatan inkuiri di MI Tri Shakti Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Luluk Nur Ainiyah_D07208044.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah: Pertama, bagaimanakah penerapan proses pembelajaran inkuiri berlangsung pada mata pelajaran IPS di kelas IV MI Tri Shakti Surabaya. Kedua,bagaimana meningkatkan hasil belajar materi perekonomian masyarakat dengan menggunakan pendekatan inkuiri di MI Tri Shakti Surabaya. Penulis mengangkat judul ini dilatar belakangi oleh gejala-gejala yang terlihat pada saat guru menjelaskan materi, siswa tidak mendengarkan penjelasan dari guru. Guru di MI Tri Shakti Surabaya kurang bisa memanfaatkan lingkungan di luar kelas dan kurang memahami karakteristik dari masing-masing model pembelajaran yang ada. Kendala itu telah berdampak terhadap perolehan basil belajar yang masih rendah, yaitu masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah 65, nilai ini berada di bawah skor KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Lingkungan sebagai sumber belajar dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang ada di sekitar atau di sekeliling siswa yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar dan pembelajaran secara lebih optimal. Namun tidak jarang guru kurang bisa memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Padahal pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar merupakan salah satu solusi untuk menghilangkan kejenuhan siswa dalam belajar di kelas, khususnya untuk pembelajaran IPS. Sumber belajar ini relevan dengan model pembelajaran inkuiri karena melalui model ini, siswa dihadapkan dengan keadaan dan situasi yang sebenarnya untuk mencari dan menyelidiki serta merumuskan sendiri penemuannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainiyah, Luluk NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; metode inkuiri; pembelajaran IPS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Dec 2017 07:38
Last Modified: 21 Dec 2017 07:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21750

Actions (login required)

View Item View Item