Kecenderungan perilaku agresif remaja ditinjau dari intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aji, Nur Ardhiyani Heni (2009) Kecenderungan perilaku agresif remaja ditinjau dari intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Ardhiyani Heni Aji_B07205039.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana tayangan kekerasan di televisi membedakan perilaku agresif remaja ditinjau dari intensitas menontonnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data yang jelas dan aktual apakah ada perbedaan kecenderungan perilaku agresif remaja ditinjau dari intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survai komparatif yaitu sebagai penelitian yang menyoroti perbedaan antara variabel - variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. dengan bantuan statistic package for social science windows (SPSS) versi 11.00, penelitian ini mengambil populasi remaja berusia 12 - 20 tahun di Surabaya sebanyak 68 orang. Subyek penelitian ini adalah remaja di wilayah Wonocolo, Nginden, Yayasan Mitra Arofah, Al Jihad, Himmatun Ayat (Dukuh Kupang) Surabaya. Yang mana subyek tersebut menonton tayangan kekerasan di televisi baik intensitas rendah, sedang , maupun tinggi. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala menonton tayangan kekerasan, skala kecenderungan perilaku agresif dan dua item pilihan ganda sebagai penguat data intensitas menonton tayangan kekerasan subyek. Setelah data lapangan diperoleh, kemudian data tersebut diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik yaitu analisis Anava Satu Jalur. Berdasarkan hasil pengelolahan data, menunjukkan bahwa diperoleh harga F sebesar 12,049 dengan signifikansi 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan kecenderungan perilaku agresif remaja ditinjau dari intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi. Sedangkan bila dilihat dari mulai mean perilaku agresif emaja dengan intensitas rendah sebesar 58.4545, dengan mean remaja dengan intensitas sedang sebesar 64.5217. Dan mean remaja dengan intensitas Tinggi sebesar 79.5652. Maka dapat disimpulkan bahwa kecenderungan perilaku agresif remaja ditinjau dari intensitas tinggi menonton tayangan kekerasan di televisi lebih tinggi dibanding remaja yang menonton tayangan kekerasan di televisi dengan intensitas rendah. Berdasarkan hasil pengelolaan data penelitian ini, maka dapat disimpulkan bawah ada perbedaan yang signifikan kecenderungan perilaku agresif remaja ditinjau dari intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aji, Nur Ardhiyani HeniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kekerasan
Perilaku
Remaja
Teknologi
Keywords: Kekerasan; perilaku agresif; remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Dec 2017 04:04
Last Modified: 21 Dec 2017 04:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21747

Actions (login required)

View Item View Item