Pendampingan anak-anak korban Lumpur Lapindo Kelurahan Jatirejo Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puteri, Rizky Amalia (2010) Pendampingan anak-anak korban Lumpur Lapindo Kelurahan Jatirejo Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Amalia Puteri_B02206009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bencana lumpur Lapindo yang melanda Kelurahan Jatirejo telah meluluh lantakkan sendi-sendi kehidupan dan segala aspek di dalamnya. Hal tersebut merupakan salah bentuk perampasan hak-hak masyarakat terutama anak-anak, keterbatasan fisik dan pola pikir menjadikan mereka korban paling rentan. Oleh karena itu dilakukan riset aksi pendampingan anak-anak korban lumpur lapindo Kelurahan Jatirejo Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo yang bertujuan untuk memberi pengetahuan kritis terhadap masyarakat khususnya anak-anak agar mereka peka terhadap permasalahan yang ada disekitarnya dan mampu memenuhi hak-haknya. Berdasarkan fokus dari permasalahan tersebut, maka peneliti memutuskan untuk memilih pendekatan riset aksi atau yang biasa dikenal dengan Participatory Action Research. Dengan langkah-langkah Proses Pemecahan Masalah antara lain : Riset Pendahuluan, Inkulturasi, Pengorganisasian Masyarakat untuk Agenda Riset, Perencanaan Tindakan Aksi untuk Perubahan Sosial, Aksi, Evaluasi, Refleksi, dan Triangulasi. Dari proses pendampingan yang telah dilakukan dengan dinamika pendampingan anak-anak korban lumpur Lapindo, antara lain : membentuk kelompok ibu dan guru anti generasi suram, membentuk kelompok belajar, analis sosial bersama masyarakat. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa hak-hak anak tidak dapat terpenuhi dalam segala hal terutama pola pengasuhan yang penuh kasih sayang. Kemudian hingga muncul pekerja anak dan terjadinya kekerasan dalam keluarga khususnya terhadap anak-anak. Dengan sedikit peran dari peneliti dan bantuan dari sekolah Mi Ma’arif, masyarakat Kelurahan Jatirejo khususnya anak-anak, kini telah mengalami sedikit perubahan yang baik. Hal ini membuktikan bahwa sesungguhnya mereka memiliki motivasi yang tinggi untuk berubah dan berdaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puteri, Rizky Amalia--UNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Uncontrolled Keywords: Pendampingan; korban Lapindo; korban lumpur
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2017 07:04
Last Modified: 20 Dec 2017 07:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21742

Actions (login required)

View Item View Item