Analisis pelaksanaan Pilkades 2016 di Desa Telaga Biru Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan menurut konsep Syura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhidayah, Nurhidayah (2017) Analisis pelaksanaan Pilkades 2016 di Desa Telaga Biru Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan menurut konsep Syura. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (358kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (577kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (541kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (583kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (484kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (393kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

Tesis ini merupakan study lapangan. Pemilihan Kepala Desa di berbagai daerah pedesaan selama ini memang selalu menarik untuk dicermati. Anggapan tersebut setidaknya merupakan bagian dari upaya melestarikan cara memilih kepala desa sebagai wujud dari nilai-nilai demokrasi yang mengandung dua elemen penting, yaitu kemerdekaan atau kebebasan dan kesetaraan di desa. Dari pemahaman di atas, penulis menemukan beberapa masalah dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa Telaga Biru yaitu: 1) Bagaimana praktik Pilkades 2016 di desa Telaga Biru. 2) Bagaimana Menurut Konsep Syura dalam Pilkades 2016 di Desa Telaga Biru. Dalam penelitian ini, penulis menggunaka metode kualitatif yang menggunakan field research (study lapangan) yaitu penelitian yang dilakukan untuk memperoleh gambaran situasi dan kejadian-kejadian secara kongkret tentang keadaan obyek atau masalah yang ada dalam suatu desa, khususnya pada pelaksanaan Pilkades 2016 di Desa Telaga Biru. Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan observasi terlebih dahulu, wawancara terhadap masyarakat dan para tokoh yang berpengaruh di Desa Telaga Biru, serta mengambil beberapa dokumentasi yang merupakan sumber data resmi yang berkaitan dengan letak geografis desa, lokasi penelitian, dan lain-lain. Dalam teknik data yang dilakukan, penulis menggunakan teknik analisi deskriptif yang dilakukan dengan cara menganalisis hasil penelitian di lapangan tentang “Analisis Pelaksanaan Pilkades 2016 di Desa Telaga Biru Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan Menurut Konsep Syura”. Pelaksanana Pilkades dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang ada namun masih terdapat pelanggaran-pelanggaran yang terjadi terhadap Perda Kabupaten Bangkalan Nomor 2 Tahun 2010. Pelangaran-pelangaran tersebut dapat menghambat terciptanya demokrasi. Adanya pelanggaran berupa adanya politik uang (Money Politics) dan tidak tegasnya Panitia, Pengawas dan Pembina Pelaksanana Pilkades. Meskipun dalam pelaksanaannya terdapat kekurangan seperti halnya di atas, namun kesadaran masyarakat desa Telaga Biru untuk ikut serta berpartisipasi dalam Pilkades 2016 belum memiliki nilai positif. Proses demokrasi yang diaktualisasikan dalam penyelenggaraan Pemilu (termasuk Pilkades), pada dasarnya harus memiliki kesesuaian dengan nilai-nilai yang terkandung dalam konsep syura, meliputi, kebebasan, toleransi dan pertanggungjawaban, sehingga dapat meghasilkan keadilan. Jika pada Pilkades 2016 di Desa Telaga Biru telah terjadi praktik yang secara tidak langsung mengkhianati apa yang sebenarnya dijunjung tinggi dalam demokrasi, maka demokrasi tersebut telah bertentangan—jangankan dengan konsep syura, bahkan—dengan prinsip demokrasi itu sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhidayah, Nurhidayahhidayahnurhidayah60@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Pemilihan Umum
Uncontrolled Keywords: Pilkades; demokrasi; musyawarah; partisipasi masyarakat
Divisions: Program Magister > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Nurhidayah Nurhidayah
Date Deposited: 20 Dec 2017 07:17
Last Modified: 20 Dec 2017 07:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21741

Actions (login required)

View Item View Item