Strategi pengelolaan Pondok Pesantren An Nafi'iyah di Bangkalan Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahid, Abdul (2010) Strategi pengelolaan Pondok Pesantren An Nafi'iyah di Bangkalan Madura. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abdul Wahid_B04205005.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Strategi pengelolaan pondok pesantren An-Nafiiyah, dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif, yaitu mendeskripsikan data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara,observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, strategi pengelolaan pondok pesantren An-Nafiiyah terbukti mempunyai peran dalam kemajuan dan perkembangan untuk strategi selanjutnya.Dengan demikian, strategi pengelolaan yang digunakan di pondok pesantren An-Nafiiyah membawa pada kemajuan di bidang program pendidikannya maupun di bidang tata cara pengelolaannya. Disamping itu juga dapat mencetak santriwan santriwati yang berkepribadian santun sesuai dengan ajaran islam. Demi keberlangsungan masa yang akan datang, pengambilan keputusan oleh pengasuh haruslah tepat seperti dalam menempatkan pendidikpendidik pada bidang dan divisinya masing-masing.Dalam bidang strategi pengelolaan yang terdapat di pondok pesatren An-Nafiiyah sudah menggambarkan teori dari Frederick Winslow Taylor bahwa tujuan utama strategi pengelolaan atau manajemen adalah untuk merubah sistem yang tidak berencana, kemudian menggerakkan fungsinya masing-masing, sebagai pilihan dalam melakukan sebuah pengelolaan dalam lembaga tersebut yaitu melibatkan semua anggota yang terdapat di pondok pesantren tersebut untuk bekerja sama dalam rencana mengembangkan program-program yang sudah di tetapkan untuk tercapainya suatu tujuan. Berdasarkan masalah dan kesimpulan tersebut, penelitian ini belum menjawab lebih jauh bagaimana tanggapan masyarakat mengenai pengembangan program-program belajar yang sudah terdapat di pesantren, kiranya tema ini dapat dijadikan masalah penelitian berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahid, Abdul--UNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Dakwah
Manajemen Strategi
Pesantren
Uncontrolled Keywords: Strategi pengelolaan; pondok pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2017 06:46
Last Modified: 20 Dec 2017 06:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21740

Actions (login required)

View Item View Item