Hirarkhi Nilai dalam Tafsir al Quran (ayat etika-hukum) Menurut Abdullah Saeed

Sulanam, Sulanam (2017) Hirarkhi Nilai dalam Tafsir al Quran (ayat etika-hukum) Menurut Abdullah Saeed. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Sulanam_Hierarkhi Nilai dalam Tafsir al-Quran.pdf

Download (994kB) | Preview

Abstract

Kesadaran akan relasi antara teks, konteks dan penafsir selalu mengalami dinamika dari waktu ke waktu. Sejak masa klasik hingga kontemporer, setiap penafsir selalu berusaha menghadir¬kan hasil penafsiran yang memberikan membawa dampak positif (mas}lah}a) bagi siapapun. Begitu juga yang dilakukan oleh para mufassir kontekstual. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan bagaiamana Abdullah Saeed meletakkan hierarkhi nilai sebagai salah satu metode dalam pendekatan penafsiran al-Qur’an, yang berkaitan dengan ayat-ayat etika dan hukum. Hirarkhi nilai ayat digunakan untuk melihat dan menganalisis apakah ayat-ayat tersebut memiliki tingkatan yang bersifat obligatory values (nilai wajib dan untuk ditaati secara universal) atau hanya sekedar instructional values (kadar nilainya berlaku temporal dan lokal dalam merespon problem-problem spesifik). Saeed berargumentasi bahwa tidak keseluruhan ayat yang berkaitan dengan etika dan hukum memiliki posisi setara dan berlaku secara universal, sebagian diantaranya ada yang berlaku secara lokal dan temporal. Karenanya, Saeed membagi ayat-ayat tersebut menjadi lima tingkatan nilai yakni obligatory values, fundamental values, protectional values, implementational values, dan instructional values. Bagi Saeed, memahami dan kemudian mendudukkan ayat etika-hukum dalam strata nilai ini penting digunakan pada saat melakukan penafsiran al-Qur’an secara kontemporer.

Email:
Item Type: Thesis (Other)
Supervisor: Abdullah, Amin
Uncontrolled Keywords: Nilai dalam tafsir al Quran
Subjects: Daulah Islam
Hukum Islam
Islam > Islam, Pembaharuan
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Islam
Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Karya Ilmiah > Makalah
Depositing User: Sulanam Sulanam
Date Deposited: 09 Jan 2018 06:38
Last Modified: 09 Jan 2018 06:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21732

Available Versions of this Item

  • Hirarkhi Nilai dalam Tafsir al Quran (ayat etika-hukum) Menurut Abdullah Saeed. (deposited 09 Jan 2018 06:38) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item