Komparasi keakuratan berbagai jalur masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dalam memprediksi keberhasilan mahasiswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, M. Syamsul and Kusaeri, Kusaeri and Hamdani, Asep Saepul and Muhid, Abdul and Asyhar, Ahmad Hanif (2016) Komparasi keakuratan berbagai jalur masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dalam memprediksi keberhasilan mahasiswa. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Syamsul Huda dkk_Komparasi Keakuratan Berbagai Jalur Masuk Perguruan Tinggi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (i) Menguji perbedaan prestasi akademik mahasiswa ditinjau dari jalur penerimaan mahasiswa (jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan seleksi Mandiri) didasarkan pada Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa, (ii) Menguji tingkat efektivitas jalur penerimaan mahasiswa baru yang digunakan oleh PTKIN (jalur SPAN-PTKIN, UMPTKIN, dan seleksi Mandiri) didasarkan pada data yang melakukan registrasi, dan (iii) Menyusun rekomendasi berupa rumusan kebijakan yang perlu diambil oleh Kementerian Agama. Sampel penelitian ini adalah 5 PTKIN di Indonesia, dengan rincian 2 UIN, 2 IAIN dan 1 STAIN. Data prestasi akademik mahasiswa yang digunakan berupa data Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 2 semester pertama (semester I dan II) mahasiswa angkatan 2015. Selain itu, data penunjang lainya diambil dari bagian akademik masing-masing PTKIN terkait banyaknya calon mahasiswa yang diterima dan yang melakukan registrasi pada masing-masing jalur penerimaan (SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan Jalur Mandiri). Data yang sudah terkumpul, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Statistik deskriptif yang digunakan di antaranya rerata (mean), simpangan baku (standard deviation), dan persentase yang tersaji dalam bentuk grafik, tabel ataupun distribusi frekuensi. Statistik inferensial yang digunakan adalah Analysis of Variance (ANOVA). Teknik ini digunakan untuk menguji perbedaan prestasi akademik mahasiswa yang diterima melalui ketiga jalur. Dalam pelaksanaanya digunakan bantuan program SPSS for Windows versi 19. Gejala yang muncul dari kedua analisis statistik di atas, digunakan untuk menyusun rekomendasi. Teknik analisis yang digunakan dalam bentuk forecasting dan recommendation Hasil penelitian membuktikan bahwa tingkat keberhasilan mahasiswa PTKIN yang diterima melalui jalur SPAN-PTKIN lebih tinggi dan terbukti lebih efektif dibandingkan dengan jalur UM-PTKIN dan Mandiri. Namun, bila dilihat dari aspek yang melakukan registrasi, jalur Mandiri terbukti paling tinggi persentasenya yang melukan registrasi ulang dibandingkan jalur SPAN-PTKIN dan jalur UM-PTKIN.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, M. Syamsulsamuda70@yahoo.comUNSPECIFIED
Kusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Hamdani, Asep Saepulaseptheaiain@yahoo.comUNSPECIFIED
Muhid, Abdulabdulmuhid@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Asyhar, Ahmad Hanifhanif@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen
Perguruan Tinggi
Uncontrolled Keywords: Keakuratan prediksi; SPAN-PTKIN; UM-PTKIN; Jalur Mandiri
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: Ahmad Hanif Asyhar
Date Deposited: 19 Dec 2017 07:46
Last Modified: 28 Dec 2017 01:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21709

Actions (login required)

View Item View Item