Aplikasi gadai emas di BPRS Bhakti Sumekar Sumenep perspektif fatwa Dewan Syariah Nasional Majlis Ulama Indonesia (DSN MUI) Nomor 25 26 III 2002 tentang rahn (gadai) emas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salam, Abdus (2011) Aplikasi gadai emas di BPRS Bhakti Sumekar Sumenep perspektif fatwa Dewan Syariah Nasional Majlis Ulama Indonesia (DSN MUI) Nomor 25 26 III 2002 tentang rahn (gadai) emas. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdus Salam_C02207136.pdf

Download (734kB)

Abstract

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Aplikasi gadai emas di BPRS Bhakti Sumekar, dengan mengajukan permohonan dan membawa emas sebagai jaminan dengan akad rahn, akad ijarah sebagai sewa tempat dan akad qard sebagai pinjaman kemudian Bank akan melakukan proses penilaian atas emas jaminan tersebut dan mencairkan dana pinjamannya sesuai kesepakatan. Penentuan biaya pemeliharaan Emas gadai dengan mengkalkulasi semua biaya operasional, mulai biaya perawatan barang jaminan, asuransi, gaji karyawan sampai setoran ke pemerintah kabupaten Sumenep. Aplikasi gadai emas dan penentuan biaya pemeliharaan, mengacu pada fatwa DSN MUI dibenarkan karena adanya unsur yang saling menguntungkan kedua belah pihak dan terdapat unsur kemaslahatan dan tolong menolong dalam bermuamalah. Gadai emas di BPRS Bhakti Sumekar merupakan salah satu produk yang banyak digunakan oleh nasabah, karena prosidurnya mudah dan praktis. Oleh karena itu hendaknya BPRS Bhakti Sumekar lebih meningkatkan pelayanan dengan menambah kantor kas, kantor cabang didaerah lain dan bukan hanya emas yang bisa jaminan akan tetapi banyak barang barang berharga lainnya. Kedua Dewan Syariah Nasional (DSN) selain mengeluarkan fatwa hendaknya juga membuat panduan teknisnya yang berkaitan dengan fatwa yang sudah dikeluarkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salam, Abdus--UNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Gadai
Uncontrolled Keywords: Aplikasi gadai emas; gadai emas
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2017 06:28
Last Modified: 19 Dec 2017 06:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21706

Actions (login required)

View Item View Item