Mendidik diri dan keluarga: kajian tafsir Surat At Tahrim, perspektif Quraish Shihab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfanzari, Achmad Syauqi (2016) Mendidik diri dan keluarga: kajian tafsir Surat At Tahrim, perspektif Quraish Shihab. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Achmad Syauqi Alfanzari_E33211089.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Mendidik Diri Dan Keluarga (Kajian Tafsir Surat Tahrim, Perspektif Quraish Shihab). Fokus dari pembahasan makalah ini adalah mengenai penafsiran Quraish Shihab terhadap surat Tahrim terutama pada ayat ke-6, beliau menafsirkan ayat tersebut tidak sama dengan kaidah munasabah ayat dan asbab an-nuzulnya namun menggunakan kaidah lain. Dalam skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif analitik yang digambarkan dengan kata-kata tertulis dan lisan. Metode ini disebut juga sebagai metode tafsir tahlili, karena menjabarkan penafsiran dengan kaidah-kaidah ilmu tafsir dan dengan data yang sudah ada dalam tafsir tersebut. Kemudian dilakukan penalaran teori penafsiran apa yang digunakan Quraish Shihab dalam menafsirkan ayat tersebut dan menguji kualitas penafsirannya. Hasil dari kajian skripsi ini diketahui bahwa kaidah atau teori yang Quraish Shihab gunakan adalah kaidah kebahasaan. Penafsiran yang beliau lakukan tidaklah sama dengan mufasir yang lain, mufasir yang lain cenderung menafsirkan sesuai dengan Asbab Nuzul dan Munasabah ayat, sedangkan Quraish Shihab mengambil penafsiran yang lebih luas dalam menafsirkan ayat tersebut.
Sedangkan kualitas penafsiran yang dilakukan Quraish Shihab adalah sesuai dengan kaidah penafsiran al-Quran. Yakni melihat dari sudut makna luas Amm pada ayat-ayat tersebut, ayat-ayat al-Quran selain mengandung makna tersurat yang sesuai dengan maksud diturunkannya juga mengandung arti yang tersirat. Karna dalam kegunaannya al-Quran adalah sebagai pedoman bagi seluruh umat manusia terutama umat Muslim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfanzari, Achmad Syauqias.alfanjari@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga > Keluarga Islam
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Mendidik diri dan keluarga; tafsir surat Tahrim; perpektif Quraish Shihab
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Alfanzari Achmad Syauqi
Date Deposited: 19 Dec 2017 03:39
Last Modified: 12 Nov 2018 03:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21699

Actions (login required)

View Item View Item