Sistem diagnosis dan deteksi dini pencegahan kebutaan pada pasien diabet berdasarkan tingkat stadium Diabetic Retinopathy

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novitasari, Dian Candra Rini (2016) Sistem diagnosis dan deteksi dini pencegahan kebutaan pada pasien diabet berdasarkan tingkat stadium Diabetic Retinopathy. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Candra Rini Novitasari_Sistem Diagnosis Dan Deteksi Dini.pdf

Download (2MB)

Abstract

Diabet adalah gangguan metabolisme yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah. Kondisi ini dapat disebabkan karena kekurangan hormon insulin, atau kegagalan sel-sel tubuh untuk merespon insulin. Kekurangan insulin atau ketidakmampuan sel-sel tubuh untuk merespon insulin dapat menyebabkan kadar gula meningkat. Diabet dan tingkat gula darah abnormal dapat menyebabkan beberapa komplikasi serius. Kadar gula darah yang tinggi karena diabetes secara konsisten dan tidak terkontrol dapat mempengaruhi pembuluh darah dan saraf. Salah satu komplikasi penyakit mata akibat diabetes mellitus adalah Diabetic Retinopathy. Diabetic retinopathy (DR) atau penyakit mata diabetes adalah salah satu komplikasi penyakit diabetes yang berupa kerusakan pada bagian retina mata. Diabetic Retinopathy merupakan penyebab utama kebutaan pada penderita diabetes di seluruh dunia, disusul katarak. Bila kerusakan retina sangat berat, seorang penderita diabetes dapat menjadi buta secara permanen sekalipun dilakukan usaha pengobatan. Penyakit ini bisa dihambat penyebarannya dengan deteksi dini dari awal stadium dari DR. Stadium dari DR bisa dideteksi dari adanya 4 parameter yaitu microaneurisma, hemmorage, exudate, dan neurovasklurasi. Pada penelitian ini dilakukan deteksi dini dimulai dari image fundus, kemudian dilakukan beberapa pre-processing image (histogram equalization, structuring element), kemudian dilakukan ekstraksi fitur dengan menggunakan Discrete Wavelet Transform (DWT) dan diklasifikasikan ke dalam 4 stadium dengan menggunakan metode Adaptive Neighbourhood Modified Backpropagation (ANMBP).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novitasari, Dian Candra Rinidiancrini@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Matematika
Uncontrolled Keywords: Sistem diagnosis; deteksi dini; pencegahan kebutaan; stadium Diabetic Retinopathy
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: Ahmad Hanif Asyhar
Date Deposited: 19 Dec 2017 08:05
Last Modified: 18 Mar 2019 03:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21695

Actions (login required)

View Item View Item