Tinjauan hukum Islam terhadap persewaan jasa internet dengan sistem Zmart Billing di Dian_Net Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Gustiana, Rachman (2012) Tinjauan hukum Islam terhadap persewaan jasa internet dengan sistem Zmart Billing di Dian_Net Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rachman Gustiana_C02207069.pdf

Download (945kB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: 1. Bagaimana sistem dan mekanisme persewaan jasa internet dengan sistem Zmart Billing di Dian_net Sidoarjo? 2. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap persewaan jasa internet dengan sistem Zmart Billing di Dian_net Sidoarjo? Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif, data penelitian ini diperoleh dari warnet Dian_Net dan pengguna jasa Dian_Net yang menjadi subyek penelitian ini. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi kemudian data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya di analisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir induktif yaitu menggambarkan atau menjelaskan dan menilai data yang terkait yang berhubungan dengan sistem dan mekanisme persewaan jasa internet dengan sistem Zmart Billing sebagai argumentasi dengan alasan dan dasar hukum. Hasil penelitian ini menghasilkan beberapa temuan Pertama, bahwa penetapan tarif yang diberikan Dian_Net selama ini masih ada ketidaksesuaian di para pengguna jasa dengan ketentuan yang ada karena tidak dijelaskan secara terperinci tarif yang selama ini di gunakan. Kedua, kenyataan yang didapat melalui wawancara dengan pengguna jasa, dapat diketahui jika pengguna jasa kurang puas dengan penetapan tarif yang diberikan dengan kenyataan yang didapat tidak sama, Ketiga, Harga merupakan salah satu strategi pendapatan yang berfungsi untuk menekan pengeluaran serta mendapatkan keuntungan sedangkan dalam islam antara Mu’jir dan Musta’jir dalam suatu akad sewa menyewa adalah transaksi, dalam transaksi yang dilakukan Dian_Net yang diwakilkan oleh operator seringkali tidak menjelaskan secara jelas tentang aturan dan kewajiban persewaan merupakan tindakan yang tidak dibenarkan oleh hokum islam karena melanggar prinsip (‘An- tara>din minkum) yang didasarkan oleh prinsip kerelaan antara kedua belah pihak sama-sama ridha). Mereka harus mempunyai informasi yang sama sehingga tidak ada pihak yang merasa ditipu karena ada sesuatu keadaan dimana salah satu pihak tidak mengetahui informasi yang diketahui pihak lain. Sejalan dengan kesimpulan diatas maka kepada Dian_Net harus berpegangan kepada syariat Islam dalam melakukan transaksi. Selain itu pihak operator lebih bersikap terbuka dalam menjelaskan sistem Zmart Billing kepada penyewa agar tidak terjadi kesalahpahaman. Maka antara operator dan penyewa harus bersikap saling jujur dan tanggung jawab khususnya dari pihak Dian_Net.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Gustiana, Rachman--UNSPECIFIED
Subjects: Internet
Sewa
Uncontrolled Keywords: Persewaan jasa internet; sistem Zmart Billing
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Dec 2017 07:46
Last Modified: 18 Dec 2017 07:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21689

Actions (login required)

View Item View Item