Pengaruh pola pergaulan di kawasan prostitusi Dolly terhadap akhlak siswa di SMP Bahrul Ulum Putat Jaya Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyawan, Muhammad Yulis (2012) Pengaruh pola pergaulan di kawasan prostitusi Dolly terhadap akhlak siswa di SMP Bahrul Ulum Putat Jaya Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Yulis Setyawan_D01207090.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21669

Abstract

Prostitusi merupakan gejala sosial yang terjadi pada masyarakat sejak jaman dahulu, banyak sebab yang mendorong adanya kegiatan prostitusi, baik dari segi ekonomi, lingkungan pergaulan ataupun kondisi keluarga yang kurang baik. Hal yang mulanya dianggap tabu oleh mayoritas masyarakat sekarang sudah menjadi bahasan ringan yang kapan saja orang bisa mengkaji atau membahasnya, bahkan pemerintah yang punya kewenangan mutlak pada tataran regulasi tidak bisa mengatasinya. Pada perkembanganya, prostitusi sudah dianggap hal yang bukan tabu lagi untuk dibicarakan ataupun dilakukan. Kehidupan serba bebas, mulai dari kekerasan, seks bebas, minuman keras, narkoba dan lain sebagainya adalah bentuk hal yang ada di lingkungan prostitusi. Dari fenomena tersebut, muncul pertanyaan, bagaimana kondisi anak-anak yang hidup di kawasan prostitusi tersebut, bagaimana perilaku atau akhlaknya? Objek penelitian ini adalah SMP Bahrul Ulum Putat Jaya Surabaya dan kawasan prostitusi Dolly. Alasannya, karena sekolah ini bertempat diantara lokalisasi Dolly dan Jarak dan para remaja yang tinggal di situ adalah siswa SMP Bahrul Ulum Putat Jaya Surabaya. Jadi, tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola pergaulan di kawasan prostitusi Dolly terhadap akhlak siswa SMP Bahrul Ulum Putat Jaya Surabaya. Hasil penelitian berdasarkan analisa kuesioner dan observasi terhadap fenomena-fenomena perilaku siswa, dari hasil angket menunjukkan bahwa nilai (a) sangat mendominasi pada variable kawasan prostitusi. Pada uji korelasi product moment diperoleh nilai korelasi sebesar 0,427. Hal ini menunjukkan adanya korelasi yang sedang antara kawasan prostitusi Dolly dan akhlak siswa Hasil penelitian berdasarkan hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis Hi yang menyatakan bahwa ada pengaruh antara variabel pola pergaulan di kawasan prostitusi Dolly terhadap akhlak siswa SMP Bahrul Ulum Putat jaya Surabaya. Jadi, bisa disimpulkan bahwasanya lingkungan sangat besar pengaruhnya terhadap pola perkembangan seorang anak, baik dalam hal pergaulan, cara bicara, cara berbusana dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyawan, Muhammad Yulis--UNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Perilaku
Sosiologi > Sosiologi Kota
Keywords: Kawasan prostitusi Dolly; akhlak siswa; Putat Jaya Surabaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Dec 2017 07:17
Last Modified: 15 Dec 2017 07:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21669

Actions (login required)

View Item View Item