Penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan model ESQ Power dalam pembelajaran PAI siswa Kelas XI IPA di SMAN 1 Pandaan

El Ghazaly, Ahmad Zulal Fahmi (2012) Penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan model ESQ Power dalam pembelajaran PAI siswa Kelas XI IPA di SMAN 1 Pandaan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Zulal Fahmi El Ghazaly_D01207246.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21667

Abstract

PBL atau sering juga disebut pembelajaran berbasis masalah merupakan strategi pembelajaran yang memberdayakan siswa untuk melakukan penelitian, mengintegrasikan teori dan praktik, serta mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan sebuah solusi praktis atau suatu problem tertentu dan biasanya PBL dipicu oleh 3 kondisi. Pertama, perkembangan IPTEK demikian pesat dan cepat. Kedua, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi masih jarang dimanfaatkan guru. Ketiga, metode pembelajaran cenderung monoton, yaitu berupa ceramah. Hal ini perlu diperkaya dengan menggunakan ICT yang dibentuk dalam strategi ESQ agar lebih menarik. sedangkan ESQ merupakan kemampuan mengenali perasaan, meraih, dan membangkitkan perasaan untuk membantu pikiran, memahami perasaan dan maknanya serta mengendalikan perasaan secara mendalam sehingga membantu perkembangan emosi dan intelektual melalui konsep ihsan yaitu mengokohkan ketauhidan dengan beribadah seolah-seolah melihat Allah SWT atau dilihat oleh Allah SWT, baru dibangun prinsip yang kuat dengan menanamkan konsep rukun iman dan pembentukan karakter. Strategi PBL-ESQ yang dimaksud dalam penelitian ini ialah menggabungkan sintaks PBL dan ESQ seperti yang dikembangkan oleh Denial (2010). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah penera.pan problem based learning (PBL) dipadu dengan ESQ dalam pembelajaran PAI siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pandaan? enelitian ini dilaksanakan terhadap 40 siswa kelas XI IPA Adapun hipotesa yang telah diujikan adalah " Ada pengaruh strategi PBL dipadu dengan model ESQ dalam pembelajaran PAI kelas XI IPA SMAN 1 Pandaan''. Adapun data yang peneliti sajikan untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah data yang diperoleh peneliti dari penyebaran angket kepada 40 responden yang masing-masing angket terdiri dari 15 item pertanyaan dan angket kepada guru PAI SMAN I Pandaan. Angket ini digunakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi PBL dipadu dengan strategi ESQ dalam pembelajaran PAI yang ada di SMA Negeri 1 Pandaan. Kemudian untuk menjawab soal kedua peneliti mengambil nilai prestasi siswa kelas XI IPA Dan untuk menjawab ketiga maka peneliti mencoba menganalisis dengan menggunakan rumus product moment. Setelah dianalisis data tersebut terbukti bahwa ada perpaduan strategi PBL dipadu dengan strategi ESQ dalam pembelajaran PAI . Hal ini terbukti dari analisis data melalui perhitungan product moment dengan hasil 0,99 dikonsultasikan dengan tabel interprestasi nilai "r" yaitu berada diantara 0,90 - 1,00 yang mana interprestasinya adalah sangat kuat atau sangat tinggi.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sutiyono, Sutiyono
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; strategi pembelajaran; ESQ Power; pembelajaran PAI
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Dec 2017 04:31
Last Modified: 15 Dec 2017 04:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21667

Actions (login required)

View Item View Item