Pendidikan Islam berbasis soft skill: studi analisis isi terhadap Novel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarifuddin, Kuteb (2012) Pendidikan Islam berbasis soft skill: studi analisis isi terhadap Novel. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Kuteb Syarifuddin_D01208124.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Soft skills adalah ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (tennasuk dengan dirinya sendiri) dibagi kedalam dua jenis yaitu soft skills interpersonal dan soft skills intrapersonal, sebenarnya konsep tentang soft skills ini manifestasi dari multiple inteligence atau macam-macam kecerdasan, di dalam soft skills juga mengandung kemampuan berkomunikasi, kemampuan beradaptasi, kedisiplinan dll. Novel Negeri 5 Menara merupakan wujud manifestasi penulis yaitu A. Fuadi ketika belajar di Pondok Madani, kisah hidupnya bersama teman, lingkungan, guru dan kiyai di Pondok Madani dapat dijadikan pelajaran, motivasi, introspeksi dsb, sehingga penulis memiliki ide untuk mengulasnya menjadi karya tulis ilmiah berupa skripsi. Inti dari pada pengaplikasian dan pengembangan soft skills yaitu menuju kesuksesan, kesuksesan tentu dibarengi dengan perjuangan yang besar, perjuangan yang besar tentunya diperoleh dengan bersungguh-sungguh dan selalu termotivasi, mantra man jadda wajada cukup ampuh untuk diterpakan kemudian man shabara dzafira menjadi api yang menyemangati untuk meraih mimpi. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pendidikan Islam berbasis soft skills dalam novel "Negeri 5 Menara ". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai ideologi penulis, mengetahui pendidikan Islam berbasi soft skills yang terkandung dalam novel "Negeri 5 Menara" ini. Untuk memperoleh data yang representatif dalam pembahasan skripsi ini, digunakan metode penelitian kepustakaan (library reseach) dengan cara mencari, mengumpulkan, membaca, dan menganalisa buku-buku, yang ada relevansinya dengan masalah penelitian. Kemudian diolah sesuai dengan kemampuan penulis. Adapun metode penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah kualitatif deskriptif. Urgensi soft skills dalam dunia pendidikan tidak boleh dipandang sebelah mata, untuk mewujudkan kualitas anak bangsa yang lebih baik maka perlu pembelajaran berbasis soft skills, yang mana Islam sangat memperhatikan aspek­ aspek yang mencakup interpersonal dan personal skills. Pendidikan Islam berbasis soft skills yang terurai dalam novel Negeri 5 Menara yaitu mengenai disiplin, adaptasi, mandiri, komunikatif, motivasi dan semangat, intropeksi, jiwa kepemimpinan, serius, empati dan kerjasama tim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarifuddin, KutebUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Soft skill; Studi analisis isi; Novel
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Dec 2017 04:07
Last Modified: 15 Dec 2017 04:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21663

Actions (login required)

View Item View Item