Penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghozali, A. Zaini (2012) Penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 5 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
A. Zaini Ghozali_D01208138.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu perjalanan, bukan suatu pelabuhan atau terminal sebagai tempat berhenti. Karena itu segala aspek dan komponen yang menyangkut pelaksanaan pendidikan adalah dinamis. Untuk melaksanakan pendidikan harus dimulai dengan pengadaan tenaga pendidikan sampai pada usaha peningkatan mutu tenaga pendidikan. Berhasil atau tidaknya suatu pendidikan dalam suatu negara salah satunya adalah karena guru. Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan dan kemajuan anak didiknya. Dari sinilah guru dituntut untuk dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Untuk dapat mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan, guru harus pandai memilih strategi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak didik supaya anak didik merasa senang dalam belajar. strategi pembelajaran ekspositori yaitu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal. Oleh karena itu, penulis mengajukan judul Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 5 Surabaya. Dengan rumusan masalah : ingin mengetahui penerapan strategi pembelajaran ekspositori terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Surabaya, ingin mengetahui motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 surabaya dan ingin mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 5 Surabaya. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut secara menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Sedangkan untuk memperoleh data yang diinginkan, penulis menggunakan metode observasi, wawancara (in depth interview) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini di akhiri dengan kesimpulan bahwa : usaha guru PAI di SMP Negeri 5 Surabaya dalam peningkatan motivasi belajar siswa sudah cukup baik, hal ini bisa dilihat dari akhlak siswa yang mencerminkan sesuatu yang positif. Hal ini juga tidak terlepas dari keaktifan guru dalam menggunakan strategi pembelajaran ekspositori yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa kelas VIII pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Selain itu, sekolah juga telah melakukan banyak hal agar supaya guru-guru di SMP Negeri 5 Surabaya selalu berusaha membangkitkan motivasi belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghozali, A. ZainiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran ekspositori; motivasi belajar; studi PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Dec 2017 02:45
Last Modified: 15 Dec 2017 02:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21661

Actions (login required)

View Item View Item