Terapi behavior dalam mengatasi siswa kecanduan game online: studi kasus terhadap siswa X di SMP Pawiyatan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pracilia, Nuryella (2012) Terapi behavior dalam mengatasi siswa kecanduan game online: studi kasus terhadap siswa X di SMP Pawiyatan Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuryella Pracilia_D03208025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terapi behavior merupakan pemberian bantuan yang dilakukan oleh konselor dalam mengarahkan dan mengubah pola tingkah laku yang abnormal menjadi tingkah laku yang lebih baik dan dapat berinteraksi dengan teman dan lingkungan yang baik pula. Sebagaimana dengan kasus yang peneliti temukan pada siswa X yang sering tidak masuk sekolah, tidak mengerjakan tugas, yang ternyata lebih suka menghabiskan waktu di warnet untuk bermain game online. Dan i latar belakang masalah tersebut peneliti memberikan terapi behavior. Dalam masalah ini, masalah yang diteliti adalah bagaimana kondisi siswa yang mengalami kecanduan game online di SMP Pawiyatan Surabaya, bagaimana pendekatan konseling bagi siswa yang kecanduan game online di SMP Pawiyatan surabaya, dan bagaimana evaluasi dan follow up terapi Behavior dalam mengatasi siswa yang kecanduan game online di SMP Pawiyatan Surabaya. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui kondisi siswa yang kecanduan game online di SMP Pawiyatan Surabaya, mendeskripsikan pendekatan konseling bagi siswa yang kecanduan game online di SMP Pawiyatan Surabaya, untuk mengetahui evaluasi dan follow up dan i terapi Brhavior dalam mengatasi siswa yang kecanduan game online di SMP Pawiyatan Surabaya. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskripti kualitatif. Adapun informan penelitiannya adalah konselor (guru bimbingan konseling), konseli (seseorang yang membutuhkan bantuan), teman konseli. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, angket kepribadian, check list dan penilaian inventori belajar. Adapun teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data dan triangulasi. Hasil dan i proses pelaksanaan terapi behavior dalam mengatasi siswa yang kecanduan game online di SMP Pawiyatan Surabaya dapat dikatakan berhasil karena X yang awalnya sering tidak masuk sekolah, sering tidak mengerjakan tugas sekolah, membohongi orangtua, menghambur- hamburkan uang, setelah mendapatkan terapi yang diberikan oleh konselor terdapat suatu perubahan terhadap X yaitu rajin masuk sekolah, selalu mengerjakan tugas sekolah, dan berbakti kepada orangtua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pracilia, NuryellaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Candu
Pendidikan > Anak
Perilaku
Uncontrolled Keywords: Terapi behavior; kecanduan game online
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2017 08:56
Last Modified: 14 Dec 2017 08:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21655

Actions (login required)

View Item View Item