Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan strategi Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan konvensional dengan memperhatikan motivasi belajarnya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wati, Ita Kurnia (2012) Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan strategi Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan konvensional dengan memperhatikan motivasi belajarnya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ita Kurnia Wati_D04207035.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Salah satu karakteristik guru profesional adalah mengusai berbagai model dan strategi pembelajaran sebagai sarana untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Peneliti menerapkan strategi pembelajaran Aptitude Treadment Interaction (ATI), karena strategi ini menggabunglcan beberapa model pembelajaran yang diterapkan dalam satu waktu dengan menyesuaikan karakteristik kemampuan siswa. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang mendapat strategi pembelajaran ATI dan konvensional dengan memperhatikan aspek motivasinya. Penelitian yang dilalcukan merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara Random Sampling atau sampel acak. Sampel penelitian terdiri dan i kelas VIII-C sebagai kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran konvensional clan VIII-E sebagai kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran ATI. Instrument yang digunakan meliputi angket motivasi clan lembar soal tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik yang meliputi uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan analisis data yang diperoleh menggunakan SPSS18, menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunaan pembelajaran matematika dengan strategi Aptitude Treatment Interaction (ATI) dan konvensional untuk siswa yang memiliki motivasi tinggi ditunjukkan dengan diperolehnya t hitung sebesar 2,167 dengan dk = 7, sedang untuk t tabel diperoleh sebesar 1,895, yang artinya thitung> ttabel, sedang untuk kelas sedang t hitung = 5,223 dengan dk = 26, sedang untuk t tabel diperoleh sebesar 1,706, yang artinya t-hitung> ttabei. Hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan ATI dengan konvensional ditinjau dan i tingkatan motivasinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wati, Ita KurniaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Motivasi Belajar
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran ATI; pembelajaran konvensional; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2017 08:29
Last Modified: 14 Dec 2017 08:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21654

Actions (login required)

View Item View Item