Konseling behavior dalam mengatasi siswa dengan motivasi belajar rendah: studi kasus pada siswa X di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzayyinah, Musfiratul (2012) Konseling behavior dalam mengatasi siswa dengan motivasi belajar rendah: studi kasus pada siswa X di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mufiratul Muzayyinah_D03207045.pdf

Download (15MB)

Abstract

Konseling Behavior adalah konseling yang menaruh perhatian path perubahan tingkah laku seseorang. Bahwa tingkah laku seseorang itu dapat dipengaruhi oleh lingkungan. Perilaku yang negatif pada dasarnya dapat dirubah dengan pemberian bantuan konseling, untuk pendelcatan yang sesuai untuk digunakan yakni dengan pendekatan konseling behavior. Seperti yang dialami oleh siswa X yang berperilaku negatif dapat diberikan bantuan dengan menggunakan konseling behavior. Dalam penelitian ini, masalah yang diteliti adalah bagaimana gambaran siswa X dengan motivasi belajar rendah di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo, bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo dan bagaimana konseling behavior dalam mengatasi siswa dengan motivasi belajar rendah (siswa X) di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo. Sedangkan tujuan ciari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan siswa X dengan motivasi belajar rendah di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo, untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo dan untuk mengetahui konseling behavior dalam mengatasi siswa dengan motivasi belajar rendah (siswa X) di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informan penelitiannya adalah konselor (Guru bimbingan konseling), klien (seseorang yang membutuhkan bantuan), wali kelas, guru mata pelajaran, orang tua klien dan teman klien. Telcnik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dan i proses konseling behavior dalam mengatasi siswa dengan motivasi belajar rendah (siswa X) di SMA Negeri 1 Suboh Situbondo dapat dikatakan berhasil, hal ini dapat dilihat dan i perubahan sikap dan i siswa X yaitu tidak ramai di kelas, jarang menggangg,u teman-temannya, tidak lagi meninggalkan pelajaran dan terlihat mau membuat catatan di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzayyinah, MusfiratulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Motivasi Belajar
Perilaku
Uncontrolled Keywords: Konseling behavior; motivasi belajar rendah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2017 07:59
Last Modified: 14 Dec 2017 07:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21650

Actions (login required)

View Item View Item