Efektivitas penggunaan media pembelajaran (VCD) dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VII SMP Darussalam Surabaya

Jannah, Miftachul (2012) Efektivitas penggunaan media pembelajaran (VCD) dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VII SMP Darussalam Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Miftachul Jannah_D31208021.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi seperti sekarang ini arus perubahan alcan selalu mengalir bagaikan air yang cukup deras, oleh karena itu inovasi dalam proses pembelajaran sangatlah dibutuhkan sebagai variasi dalam proses pembelajaran guna untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Dan media VCD merupakan salah satu inovasi dalam dunia pendidikan guna memperoleh tujuan pendidikan yang lebih baik dan terciptanya proses pembelajaran yang efelctif dan efisien. Pada penelitian ini masalah yang dikaji adalah: 1) Bagaimanakah penggunaan media VCD pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII SMP Darussalam Surabaya?, 2) Bagaimanakah prestasi belajar siswa yang menggunakan media VCD pembelajaran dengan yang tidak menggunakan media VCD pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII SMP Darussalam?, 3) Bagaimanakah efektivitas penggunaan media VCD pembelajaran terhadap pencapaian prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII SMP Darussalam? Untuk pengumpulan data sebagaimana yang dituangkan dalam rumusan masalah penelitian ini digunakan metode observasi dan metode angket yang kemudian dianalisis dengan uji statistik dengan menggunakan rumus tes "t". dani hasil analisis tersebut diperoleh to>tt pada taraf sigrtifikansi 5%, sehingga dan i hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan adanya efektivitas penggunaan media VCD pembelajaran terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII SMP Darussalam Surabaya. Pada rumusan masalah 1, 2 dan 3 dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif, dan i rumusan masalah 1 diperoleh jawaban bahwa penggunaan media VCD pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak adalah baik. Dalam rumusan masalah ke 2 diperoleh jawaban bahwa adanya perbedaan antara kelas yang menggunakan media dengan kelas yang tidak menggunakan media. Dan pada rumusan masalah yang ke 3 diperoleh jawaban bahwa adanya efektivitas penggunaaan media yang bisa dilihat pada prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII SMP Darussalam Surabaya. Oleh sebab itu untuk permasalahan di atas, disarankan agar untuk mencapai prestasi belajar siswa yang lebih baik, diperlukan suatu inovasi dalam cara mengajar. Yang bisa dibantu atau dilengkapi dengan media lain termasuk media VCD pembelajaran, karena dengan penggunaan media VCD ini terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Muallifah, Ilun
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran (VCD); hasil belajar; pelajaran Akidah Akhlak
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2017 07:48
Last Modified: 14 Dec 2017 07:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21649

Actions (login required)

View Item View Item