Permainan bahasa dalam pengajaran Bahasa Arab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dahlan, Juwairiyah and Kurniawati, Lia and Rifa'i, Ahmad (2016) Permainan bahasa dalam pengajaran Bahasa Arab. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Juwairiyah Dahlan_Lap Penel Permainan Bahasa Dalam Pengajaran Bahas Arab.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pencrapan berbagai metode/teori /model pcmbelajaran bahasa/bahasa Arab yang baru itu, memberikan spirit/motivasi baru bagi siswa/mahasiswa yang semula mahasiswa di kelas menerima pembelajaran itu terasa membosankan/agak malas/agak malu, yang mengarah pada kemunduran/kegagalan akan menjadi maju, lebih berani, lebih semangat, terus pantang mundur dan ingin maju terus. Kalau penelitian ini bejudul permainan, jikalau dianggap/disebut permainan, seperti belajar itu tidak serius, padahal sebaliknya justru pembelajarannya makin serius, makin seru, dan makin menyenangkan, dan makin kompetitif. Hal yang demikian inilah membuat setiap siswa/mahasiswa ingin berpacu melawan yang lainnya. Sehingga suasana kelas makin scru dan menyenangkan, tidak hanya dituntut berbicara justru harus mengungkapkan isi hatinya/pikirannya guna mclawan teman yang belum mengetahuinya, bisa dengan berbicara, menulis, mengalihkan benda/mencari benda yang belum ditemukannya dan mencarinya /mengalihkannya sesuai dengan tempatnya yang tcpat, mendengarkan sebuah judulpidato/pembicaraan orang dengan serius, kecekatan dalam menanggapi perintah, yaitu perintah/berita yang terakhir, dimana benda­benda itu ada pada tempatnya yang tepat/yang benar. Semuanya dengan menggunakan model/metode baru dengan melalui permainan/bermain, karena menebak sesuatu harus dengan mengatakannya dengan menggunakan bahasa dan kata yang tepat. Dibantu dengan alat/sarana bermain yang bisa dipcsankan/dibuat guru/dosen atau siswa/mahasiswa. Macam permainan misalnya: Teka-teki silang, menjawab soal-jawab dari judul yang tersedia, merapikan susunan kata yang berserakan, membedakan gambar yang salah dan yang benar, penyesuaian kata antara subyek-sabyeknya-obyeknya, tebak-tebak benda yang tersembunyi/ada dalam kotak tertutup, menebak suara-suara/bunyi-bunyi yang terdengar, menghubungkan dcngan kata sambu ng jcr-majrurnya. Dll. Semoga pembelajaran dalam permainan ini dapat digunakan oleh: Lembaga Pengajaran/Pendidikan Bahasa, guru/dosen, siswa/mahasiswa karena tcrmotivasi untuk mencapai su kses.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dahlan, Juwairiyah--UNSPECIFIED
Kurniawati, Lialiakurniawati026@gmail.comUNSPECIFIED
Rifa'i, Ahmadzonaarief@gmai.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bahasa; Bahasa Arab; sambil bermain; kelas semangat; sukses
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2017 08:08
Last Modified: 18 Dec 2017 04:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21648

Actions (login required)

View Item View Item