Permainan bahasa dalam pengajaran Bahasa Arab

Dahlan, Juwairiyah and Kurniawati, Lia and Rifa'i, Ahmad (2016) Permainan bahasa dalam pengajaran Bahasa Arab. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Juwairiyah Dahlan_Lap Penel Permainan Bahasa Dalam Pengajaran Bahas Arab.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21648

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pencrapan berbagai metode/teori /model pcmbelajaran bahasa/bahasa Arab yang baru itu, memberikan spirit/motivasi baru bagi siswa/mahasiswa yang semula mahasiswa di kelas menerima pembelajaran itu terasa membosankan/agak malas/agak malu, yang mengarah pada kemunduran/kegagalan akan menjadi maju, lebih berani, lebih semangat, terus pantang mundur dan ingin maju terus. Kalau penelitian ini bejudul permainan, jikalau dianggap/disebut permainan, seperti belajar itu tidak serius, padahal sebaliknya justru pembelajarannya makin serius, makin seru, dan makin menyenangkan, dan makin kompetitif. Hal yang demikian inilah membuat setiap siswa/mahasiswa ingin berpacu melawan yang lainnya. Sehingga suasana kelas makin scru dan menyenangkan, tidak hanya dituntut berbicara justru harus mengungkapkan isi hatinya/pikirannya guna mclawan teman yang belum mengetahuinya, bisa dengan berbicara, menulis, mengalihkan benda/mencari benda yang belum ditemukannya dan mencarinya /mengalihkannya sesuai dengan tempatnya yang tcpat, mendengarkan sebuah judulpidato/pembicaraan orang dengan serius, kecekatan dalam menanggapi perintah, yaitu perintah/berita yang terakhir, dimana benda­benda itu ada pada tempatnya yang tepat/yang benar. Semuanya dengan menggunakan model/metode baru dengan melalui permainan/bermain, karena menebak sesuatu harus dengan mengatakannya dengan menggunakan bahasa dan kata yang tepat. Dibantu dengan alat/sarana bermain yang bisa dipcsankan/dibuat guru/dosen atau siswa/mahasiswa. Macam permainan misalnya: Teka-teki silang, menjawab soal-jawab dari judul yang tersedia, merapikan susunan kata yang berserakan, membedakan gambar yang salah dan yang benar, penyesuaian kata antara subyek-sabyeknya-obyeknya, tebak-tebak benda yang tersembunyi/ada dalam kotak tertutup, menebak suara-suara/bunyi-bunyi yang terdengar, menghubungkan dcngan kata sambu ng jcr-majrurnya. Dll. Semoga pembelajaran dalam permainan ini dapat digunakan oleh: Lembaga Pengajaran/Pendidikan Bahasa, guru/dosen, siswa/mahasiswa karena tcrmotivasi untuk mencapai su kses.

Email:
Item Type: Thesis (Other)
Supervisor: Aziz, Husein
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bahasa; Bahasa Arab; sambil bermain; kelas semangat; sukses
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2017 08:08
Last Modified: 18 Dec 2017 04:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21648

Actions (login required)

View Item View Item