السلوكية في شعر أبي القاسم الشابي: دراسة في الأدب النفسي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dahlan, Juwairiyah and Iqbal K, Muhammad Faizul (2011) السلوكية في شعر أبي القاسم الشابي: دراسة في الأدب النفسي. [UNSPECIFIED] (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Juwairiyah Dahlan_السلوكية في شعر أبي القاسم الشابي.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21638

Abstract

Penelitian tentang syiir abi qosim asy-syabi dilakukan dengan pendekatan psikologi sastra. Fokus dalam pembahasan ini ada tiga yaitu : l.siapakah abi qosim asy-syabi? 2.apakah itu bahaviorisme? 3.bagaimana menganalisis syiir abi qosim asy­ syabi dari sudut pandang behaviorisme? Berkenaan dengan hal tersebut, dalam penelitian ini digwiakan teori behaviorisme skineer yang menitik beratkan pada sudut pandang prilaku abi qosim yang didahului oleh situasi, karena kisah perjalanan abi qosim asy-syabi semasa hidupnya selalu diwarnai dengan kesedihan disaat ayah dan istrinya meninggal dunia. Serta kebodohan, kedzoliman dan keterbelakangan yang dialami masyarakat pada saat itu. Menurut skineer behaviorisme adalah tingkah laku manusia yang sepenuhnya ditentukan oleh stimulus saja. Temuan hasil penelitian ini bahwa : l .Abi Qosim Asy-Syabi adalah seorang penyair tunis yang lahir pada hari rabu tanggal 3 Safar 1327 Hijriyah dikota tuzar Tunisia. 2. Behaviorisme adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia yang dikondisikan oleh lingkungan disekitarnya.3. pada syair abi qosim asy-syabi yang bejud"yaa hubbun"menceritakan tentang kesedihan, kesakitan dan kebahagiaan seorang abi qosim dalam menyayangi dan mencintai orang-orang disekitarnya, karena dalam syiir tersebut masuk dalam teori skineer yang menjelaskan tentang tingkah laku dan emosional asli/bawaan manusia (ketakutan, marah dan cinta) yang ditentukan oleh stimulus. Stimulus dalam syiir abi qosim asy-syabi yang berjudul"ya hubbun"adalah masa ketika abi qosim harus kehilangan dua orang yang dicintainya, dan reaksinya dia merasakan kesedihan dan ketakutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: UNSPECIFIED
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dahlan, Juwairiyahjuwairiyahdahlan@yahoo.com2029085401
Iqbal K, Muhammad Faizul-A01206023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., .---
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Syiir; sastra Arab; sastra Islam; Abi Al Qasim Al Syabi
Divisions: Karya Ilmiah > Buku Ajar
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2017 07:34
Last Modified: 05 Jul 2021 11:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21638

Actions (login required)

View Item View Item