Dinamika perkembangan metode pembelajaran dipondok pesantren at-Taqwa Bureng Wonokromo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suhaimi, Ahmad (2012) Dinamika perkembangan metode pembelajaran dipondok pesantren at-Taqwa Bureng Wonokromo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Suhaimi_D01205176.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang dinamika perkembangan metode pembelajaran di Pondok Pesantren At-Taqwa Bureng Wonokromo Surabaya. Dinamika perkembangan metode pembelajaran di Pondok Pesantren At-Taqwa Bureng terbagi dalam tiga masa kepemimpinan, yaitu masa kepemimpinan kyai Habib pada tahun 1926 sampai tahun 1948, masa kepemimpinan kyai Mahmud pada tahun 1948 sampai 1975, masa kepemimpinan kyai Yahya pada tahun 1975 sampai sekarang. Untuk megetahui dinamika perkembangan metode pembelajaran di Pondok Pesantren At­ Taqwa Bureng Wonokromo Surabaya, penulis melakukan penelitian ini dengan penelitian lapangan (field study), maka penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Yaitu suatu pendekatan dengan mendeskripsikan serta menganalisis isi atau hasil lapangan dengan tujuan untuk mengetahui makna, kedudukan dan hubungan antara berbagai konsep, kebijakan, program, kegiatan, peristiwa yang ada atau yang terjadi, untuk selanjutnya mengetahui manfaat, hasil dan dampak dari hal-hal tersebut. Permasalahan pokok yang menjadi kajian skripsi ini adalah; Pertama, eksistensi Pondok Pesantren At-Taqwa Bureng saat ini. Kedua, dinamika perkembangan metode pembelajaran di Pondok Pesantren At-Taqwa Bureng Wonokromo Surabaya. Dari penelitian ini diketahui bahwa Pertama, eksistensi atau keberadaan Pondok Pesantren Bureng At-Taqwa saat ini secara kuantitas dan kualitas jauh menurun. Bahkan dapat dikatakan pada lembaga ini telah terjadi degradasi kualitas besar-besaran, jika coba diperbandingkan dengan awal-awal berdirinya Pesantren ini. Kedua, dinamika perkembangan metode pembelajaran di Pondok Pesantren At-Taqwa Bureng mangalami tiga kali perubahan, pada masa Kyai Habib, masa Kyai Mahmud, dan masa Kyai Yahya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suhaimi, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pesantren
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2017 04:16
Last Modified: 13 Dec 2017 04:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21635

Actions (login required)

View Item View Item