Implementasi pembelajaran al-Qur'an Hadits berbasis pendidikan karakter di MAN Babat Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslih, Muslih (2012) Implementasi pembelajaran al-Qur'an Hadits berbasis pendidikan karakter di MAN Babat Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muslih_D31208006.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang rumusan masalah yang pertama tentang bagaimana implementasi pembelajaran Al-Qur'an Hadits berbasis pendidikan karakter, kedua mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan implementasi pembelajaran Al-Qur'an Hadits berbasis pendidikan karakter, ketiga tentang bagaimana upaya yang dilakukan oleh para guru dalam mengatasi kendala yang ada dalam pelaksanaan implementasi pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MAN Babat l.a.mongan. Untuk mengetahui permasalahan dan mendapatkan data yang jelas, disini penulis menggunakan metode observasi (pengamatan lapangan), interview atau wawancara dan dokurnentasi. Dalam mengganalisis data penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kulitatif. Dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa pelaksanaan implementasi pembelajaran Al-Qur'an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Babat l.a.mongan sudah terlaksana dengan baik dibuktikan dengan adanya perangkat pembelajaran Al-Qur'an Hadits berkarakter dan adanya usaha-usaha guru dalam penanaman nilai-nilai karakter yang ada pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits baik dalam pembelajaran di kelas maupun di luar kelas sehingga tampak pada prilaku sehari-hari siswa berupa pembiasaan-pembiasaan. Faktor penunjang benar-benar dijadikan motivasi terlaksananya kegiatan-kegiatan yang mencerminkan nilai-nilai karakter islami di MAN Babat l.a.mongan. Lebih meningkatkan kedisiplinan agar semua kegiatan pembelajaran di kelas lebih berkualitas dan terlaksana dengan sebaik-baiknya . Sedangkan faktor penghambat hendaknya jangan dijadikan sebagai hambatan dalam pelaksanaan implementasi pembelajaran Al-Qur'an Hadits berbasis pendidikan karakter akan tetapi dicarikan solusi dan pemecahannya . Dalam mengatasi kendala yang ada, diharapkan para pendidik selalu berusaha dan berupaya memperbaiki dan memperhatikan aktifitas siswa, sedangk:an siswa hendaknya selalu mengembangkan diri, tidak hanya cukup dengan apa yang telah diberikan oleh para pendidik akan tetapi mereka sadar untuk selalu mengembangkan apa yang telah mereka dapat di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslih, MuslihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pembelajaran
Al Qur'an
Hadis
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; al-Qur'an Hadits; berbasis karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2017 04:00
Last Modified: 13 Dec 2017 04:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21634

Actions (login required)

View Item View Item