Implementasi strategi giving question and getting answer dalam membentuk kognitif siswa pada mata pelajaran al-Islam kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jumhari, Jumhari (2012) Implementasi strategi giving question and getting answer dalam membentuk kognitif siswa pada mata pelajaran al-Islam kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Jumhari_D01208070.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan terjadi sebuah proses pembelajaran, yakni antara peserta didik dan pendidik. Di sekolah pend idik dituntut untuk menjadikan anak, menjadi manusia sempurna (insan kamil). Guru yang profesional adalah guru yang menginginkan pembelajaran yang dilakukannya berjalan lancar dan hasilnya optimal. Untuk itu ketika melakukan pembelajaran di kelas ia memilih strategi yang tepat dan mempersiapkannya dengan matang. Pendidikan merupakan proses pemberdayaan yang diharapkan mampu memberdayakan peserta didik menjadi manusia yang cerdas, manusia berilmu dan berpengetahuan serta terdidik. Pemberdayaan siswa dilakukan melalui proses belajar, proses pelatihan , proses memperoleh pengalaman atau melalui kegiatan lainnya. Melalui proses belajar siswa diharapkan memperoleh pengalaman memecahkan masalah dan mampu mengembangkan potensi serta kreativitas berfikirnya dengan strategi giving question and getting answer. Namun dengan berkembangnya zaman, sistem pendidikan berubah menjadi student center maksudnya adalah lebih menekankan pada keaktifan dan kreatifitas siswa yakni untuk mengembangkan jati dirinya atau kemampuannya. Dari latar belakang di atas, muncul rumusan masalah yang dapat diangkat: pertama bagaimana Implementasi strategi giving question and getting answer pada mata pelajaran Al-Islam Kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya, kedua bagaimana pembentukan kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Islam Kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya, ketiga bagaimana implementasi strategi giving question and getting answer dalam membentuk kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Islam kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan untuk mendapatkan data tentang implementasi strategi giving question and getting answer dalam membentuk kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Islam Kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya., setelah data terkumpul penelitian analisis dengan tehnik reduksi data, sajian data (display data) dan verifikasi simpulan data kemud ian penelitian dideskriptifkan untuk mendapatkan kesimpulan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, interview. Basil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi giving question and getting answer dalam membentuk kognitif siswa pada mata pelajaran Al-Islam Kelas VII di SMP Muhammad iyah 4 Gadung Surabaya dilakukan dengan cara yaitu diantaranya: Menjadikan siswa lebih mengetahui dan mengingat materi pendidikan agama islam (Al-Islam), menjadikan siswa memahami materi pendidikan agama islam yang telah diberikan oleh guru, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari informasi sesuai dengan pengamatan dan mampu menyelesaikan • masalah, memberikan kesempatan kepada s1s1wa untuk berkreasi dalam menyampaikan pendapat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jumhari, JumhariUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Islam
Kecerdasan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Strategi living question and getting answer; kognitif siswa; mata pelajaran al-Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2017 03:44
Last Modified: 13 Dec 2017 03:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21633

Actions (login required)

View Item View Item