Pengelolaan pengembangan diri bidang diniyah dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran keagamaan: studi kasus di Sekolah Dasar Ma'arif Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Nur (2012) Pengelolaan pengembangan diri bidang diniyah dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran keagamaan: studi kasus di Sekolah Dasar Ma'arif Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Faizah_D03207020.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Dasar penelitian dalam skripsi ini terdiri dan i tiga rumusan masalah yaitu: bagaimana pengelolaan pengembangan din i bidang diniyah di SD Ma'arif Taman Sidoarjo, bagaimana pelaksanaan pembelajaran keagamaan di SD Ma'arif Taman Sidoarjo, dan bagaimana pengelolaan pengembangan din i diniyah dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran keagamaan di SD Ma'arif Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deslcriptif kualitatif yaitu kegiatan penelitian yang bersifat menggambarkan atau mendiskripsikan suatu kejadian/peristiwa. Dalam memperoleh data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisa dengan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data yang diperoleh, penulis mengadakan rencana validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hash l penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pengembangan din bidang diniyah yang ada di SD Ma'arif Taman Sidoarjo merupakan usaha yang dilakukan sekolah dalam rangka meningkatkan pembelajaran keagamaan peserta didik. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan tersebut dengan melalui fungsi pengelolaan: pertama, perencanaan berdasarkan analisis kebutuhan peserta didik path masa depan yang terdiri alas menentukan peserta didik, menentukan kitab-kitab sebagai rujukan, menentukan guru berdasarkan latar belakang pendidikannya, menentukan waktu pelaksanaan. Kedua, pengorganisasian yang terdiri atas pembagian tugas dan tanggung jawab mengajar, penyusunan jadwal, pengaturan ruang belajar. Ketiga, pelaksanaan kegiatan yang terdiri dan i pembelajaran ilmu nahwu, shorof, tauhid, fiqh dan al-qur'an dengan menggunakan metode wetonan, ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. Keempat, pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah secara langsung dengan melihat proses belajar mengajar namun tidak mengganggu konsentrasi karena dilakukan di luar kelas. Kelima, evaluasi dengan mengadakan ujian tulis dan lisan path tiap semester. Demi terciptanya suatu wujud pengelolaan yang dapat direncanakan, diorganisasikan, diimplementasikan, diawasi dan dievaluasi maka kepala sekolah bertanggung jawab penuh terhadap kegiatan pengembangan dini bidang diniyah. Implikasi pengelolaan pengembangan din i diniyah yang ada di SD Ma'arif Taman Sidoarjo mempunyai dampak yang sangat signifikan untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran keagamaan baik dan i segi wawasan maupun kepribadian peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; pengembangan diri; diniyah; pembelajaran keagamaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2017 08:21
Last Modified: 12 Dec 2017 08:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21623

Actions (login required)

View Item View Item