Sains dalam pendidikan Islam perspektif A. Baiquni: tela'ah buku al-Qur'an, ilmu pengetahuan dan teknologi karya A. Baiquni

Ashriyyah, Furoidatul (2012) Sains dalam pendidikan Islam perspektif A. Baiquni: tela'ah buku al-Qur'an, ilmu pengetahuan dan teknologi karya A. Baiquni. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Furoidatul Ashriyyah_D01208193.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Sains dalam Pendidikan Islam perspektif A. Baiquni ( tela'ah buku Al-Qur'an, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi karya A. Baiquni) adalah skripsi dengan metode kajian pustaka yang berupaya mengungkap hubungan antara Sains dalam Pendidikan Islam dalam pandangan A. Baiquni. Dewasa ini kata-kata sains sering dihubungkan dengan kemajuan-kemajuan teknologi yang dibuat oleh orang non Muslim. Sains dan teknologi dipahami jauh dan unsur keagamaan, bahkan terkadang oleh seseorang yang faham agama. Oleh sebab itu, skripsi ini ditulis dengan tujuan membuka wacana baru tentang bagaimana luasnya Pendidikan Islam yang ruang lingkupnya meliputi berbagai aspek, termasuk di dalamnya Sains. Sains adalah bagian dari Pendidikan Islam, hal ini bisa dilihat dan sumber Pendidikan Islam yakni al-Qur'an dan as-Sunnah yang banyak memerintahkan untuk berfikir dan menggali ilmu pengetahuan. Dan i sini penulis merasa perlu untuk melihatnya dan i sisi salah satu tokoh Muslim yang juga menguasai Sains. Maka penulis merasa perlu menelaah beberapa literatur yang berhubungan dengan sains maupun Pendidikan Islam serta buku Al-Qur'an, Ilmu Pengetahuan dan Telcnologi sebagai sumber primer guna memperoleh data yang mendukung penelitian yang dilakukan. Dan i pembahasan skripsi maka muncullah beberapa masalah yang perlu digali diantaranya, 1). Bagaimana Pendidikan Islam memandang Sains,2). Bagaimanakah pemikiran A. Baiquni tentang Sains dan Islam, dan 3). Bagaimana relevansi sains dalam Pendidikan Islam menurut A. Baiquni. Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian pustaka yakni dengan mencari data dan berbagai sumber, terutama media cetak yang relevan dengan penelitian yang dimaksud. Dan i berbagai data yang diperoleh, penulis dapat menyimpulkan bahwa: 1). Pendidikan Islam memandang Sains merupakan bagian dan i padanya. 2). A. Baiquni memandang Sains sebagai sesuatu yang tidak bertolak belakang, dan 3). Menurut A. Baiquni, sains adalah bagian dan i pendidikan Islam dan wajib dipelajari demi kemakmuran dan kemaslahatan ummat Islam di dunia.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Syaifuddin, Syaifuddin
Uncontrolled Keywords: Sains; Islam; pendidikan
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Bibliografi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2017 07:52
Last Modified: 12 Dec 2017 07:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21620

Actions (login required)

View Item View Item