Korelasi kurikulum Pendidikan Islam dan motivasi instruktur keagamaan dengan akhlak karimah prajurit di Akademi Angkatan Laut Bumi Moro Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Darmawan, Putra Budi (2011) Korelasi kurikulum Pendidikan Islam dan motivasi instruktur keagamaan dengan akhlak karimah prajurit di Akademi Angkatan Laut Bumi Moro Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Putra Budi Darmawan_D01207140.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dengan asumsi bahwa Kurikulum Pendidikan Islam dan Motivasi Instruktur Keagamaan terdapat hubungan yang positif dan signifikan dengan Akhlak Karimah Prajurit dalam hal ini Kadet (siswa) Akademi Angkatan Laut Bumi Moro Surabaya, mengingat faktor yang mempengaruhi terbentuknya Akhlak itu bisa dari segi pendidikan yakni Kurikulum Pendidikan Islam dan lingkungan dalam hal ini lingkungan pergaulan dalam institusi pendidikan yaitu Instruktur Keagamaan yang mana interaksi antara Kadet dan Instruktur keagamaan sering terjadi di Akademi Angkatan Laut Bumi Moro Surabaya. Setelah mengadakan penelitian kuantitatif korelasional kepada Kadet (siswa) Akademi Angkatan Laut Bumi Moro Surabaya, maka hasil yang didapat dilihat adalah: Bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan sebesar 0,77 (kuat) antara Kurikulum Pendidikan Islam dengan Akhlak Karimah Prajurit. Bila menggunakan r tabel untuk n=36 clan kesalahan 5% maka r tabel = 0,329. Bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan sebesar 0,78 (kuat) antara Motivasi Instruktur Keagamaan dengan Akhlak Karimah Prajurit. Bila menggunakan r tabel untuk n=36 dan kesalahan 5% maka r tabel = 0,329. Bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan sebesar 0,71 (kuat) antara Kurikulum Pendidikan Islam dengan Motivasi lnstruktur Keagamaan. Bila menggunakan r tabel untuk n=36 dan kesalahan 5% maka r tabel = 0,329. Bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan antara Kurikulum Pendidikan Islam dan Motivasi Instruktur Keagamaan secara bersama-sama dengan Akhlak Karimah Prajurit sebesar 0,83. Hubungan ini secara kualitatif dapat dinyatakan kuat atau tinggi, clan besarnya lebih dari korelasi individual antara X 1 dengan Y, maupun X2 dengan Y. Bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara Kurikulum Pendidikan Islam dengan Akhlak Karimah Prajurit, bila Motivasi Instruktur Keagamaan dikontroUdikendalikan = 0,49 yaitu sedang. Demikian abstraksi ini dibuat dengan kondisi riil diAkademi Angkatan Laut Bumi Moro Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Darmawan, Putra Budi--UNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Uncontrolled Keywords: Korelasi; kurikulum Pendidikan Islam; motivasi instruktur keagamaan; akhlak karimah prajurit
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2017 04:28
Last Modified: 12 Dec 2017 04:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21613

Actions (login required)

View Item View Item