Makna slametan suroan di Pondok Pesantren At Taufiq Desa Sambong Dukuh Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang: Perspektif Muslim

Khoiriyah, Nur (2012) Makna slametan suroan di Pondok Pesantren At Taufiq Desa Sambong Dukuh Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang: Perspektif Muslim. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Khoiriyah_E02208022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Slametan Suroan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren At-Taufiq berbeda dengan pondok-pondok lainnya, dimana unsur-unsur Jawa diusung dal am slametan tersebut. Masalah yang ingin diteliti dalam penelitian ini ialah prosesi Slametan Suroan dan makna dari ritual-ritual yang dilaksanakan dalam slametan itu. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakanaa metode kualitatif. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan metode-metode sebagai berikut: observasi (peneliti melakukan pengamatan langsung ke lapangan), wawancara (melakukan tanya jawab dengan para sumber data), dokumentasi (peneliti menyimpan dan mengolah data yang diambil langsung pada waktu pelaksanaan slametan dan beberapa rekaman yang diperoleh dari hasil wawancara), dan studi literature (membaca dan mencatat semua informasi yang berhubungan dengan penelitian, termasuk data diperoleh dengan browsing di internet dan beberapa surat kabar).Untuk menganalisisnya, peneliti menggunakan teori simbolik Clifford Geertz yang mengatakan bahwa di setiap ritual ada makna yang terkandung di dalamnya. Peneliti juga menggunakan teori Mark Woodward yang menyatakan bahwa tidak ada unsur Hindu-Budha dalam slametan di Jawa, melainkan unsur Islam.
Walhasil, peneliti menemukan bahwa memang ditemukan makna dalam ritual- ritual yang dilaksanakan dalam Slametan Suroan, dimana hal tersebut bukan hanya dalam ritualnya tetapi juga dalam perlengkapan-perlengkapan yang dipakai pada saat pelaksanaan slametan. Ditemukan pula unsur-unsur Islam dalam slametan tersebut, bahkan di setiap ritual ataupun perlengkapannya dilandasi dengan al- Qur’an dan Hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Siddiq, Akhmad
Uncontrolled Keywords: Slametan Suroan; pondok pesantren; teori-simbolik; Jawa
Subjects: Agama
Adat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Perbandingan Agama
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Dec 2017 02:23
Last Modified: 12 Dec 2017 02:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21610

Actions (login required)

View Item View Item