Studi kebijakan kepala sekolah terhadap tradisi masyarakat menyekolahkan anak di Sekolah Dasar Negeri III Pasrepan Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiroh, Miftakhul (2010) Studi kebijakan kepala sekolah terhadap tradisi masyarakat menyekolahkan anak di Sekolah Dasar Negeri III Pasrepan Pasuruan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Miftakhul Khoiroh_D33206020.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah merupakan pimpinan pada lembaga yang dipimpinnya, maju dan berkembangnya lembaga pendidikan merupakan tugas dan tanggung jawab kepala sekolah. Keberhasilan kepala sekolah merupakan hasil dan kerja keras dan kepiawaiannya dalam membuat kebijakan-kebijakan operasional, keberhasilan tersebut tentu saja tidak terlepas dan i peran dan campur tangan guru, staf dan orang tua murid. Apabila kebijakan tersebut dikaitkan dengan tradisi masyarakat menyekolahkan anaknya yang dianggap suatu keyakinan dan memerlukan perubahan. maka tugas kepala sekolah dalam membuat kebijakan adalah sangat dibutuhkan dan tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh kepala Sekolah Dasar Negeri III Pasrepan Pasuruan dalam dalam menghadapi tradisi masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap kebijakan kepala sekolah menyikapi tradisi masyarakat menyekolahkan anaknya di Sekolah Dasar Negeri III Paserepan Pasuruan. Disamping itu, juga menjelaskan tentang tradisi masyarakat menyekolahkan anak yang telah berjalan sesuai tradisi yang ada. Penelitian bertolak dan i pemikiran bahwa kebijakan kepala sekolah dalam mengembangkan potensinya memerlukan peningkatan kemampuan dalam berbagai aspek manajerialnya, agar dapat mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misi yang di tetapkan oleh sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Adapun langkah dalam teknik analisis data meliputi pengumpulan data reduksi data, display data, dan veri tikasi. Hash l penelitian studi kebijakan kepala sekolah terhadap tradisi masyarakat menyekolahkan anak di Sekolah Dasar Negeri 111 Pasrepan dengan mengikuti tradisi yang telah berlaku. Dengan pendekatan ini diharapakan bisa memasuki dan mengkaji tradisi tersebut sehingga bisa merubahnya. Tradisi masyakat menyekelohkan anaknya masih dipengaruhi tradisi pesantren yang memulai tahun ajaran baru setelah hari raya idul fitri mengikuti kalender Hijriyah sena mencari hari baik untuk menyekolahkan anaknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiroh, MiftakhulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Kebijakan; Kepala Sekolah; tradisi masyarakat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2017 04:45
Last Modified: 11 Dec 2017 07:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21603

Actions (login required)

View Item View Item