Upaya kepala sekolah dalam mengatasi ketidakdisiplinan (keterlambatan) siswa di SMA Antartika Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Siti Nur (2010) Upaya kepala sekolah dalam mengatasi ketidakdisiplinan (keterlambatan) siswa di SMA Antartika Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Nur Aini_D03206074.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam menngatasi ketidakdisiplinan (keterlambatan) siswa di SMA "Antartika" Surabaya. Sebagaimana diketahui, kepala sekolah merupakan pimpinan organisasi sekolah. Selaku pemimpin, kepala sekolah mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar dalam meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu tugas kepala sekolah yang berhubungan dengan peningkatan mutu pendidikan adalah kedisiplinan (ketepatan waktu hadir). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Faktor Apa Yang Menyebabkan Ketidakdisiplinan (Keterlambatan) dan (2) Bagaimana Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengatasi Ketidakdisiplinan (Keterlambatan) Siswa di SMA "Antartika" di J1. Banyu Urip Kidul 11 / 37 Surabaya. Penelitian ini adalah tergolong penelitian populasi untuk memperoleh data penelitian dipergunakan tiga tehnik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik tersebut digunakan sesuai dengan sifat data yang dicari. Untuk menganalisis data penelitian digunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif. Dan i hasil penelitian diketahui, bahwa faktor-faktor yang menyebabkan ketidakdisiplinan waktu hadir di sekolah beragam macam alasan siswa yang terlambat hadir atau telah melanggar tata tertib yang sudah berlaku diantaranya jalan macet, kesiangan, ban bocor dll.dengan demikian dapat dikatakan sebagai mengatasi keterlambatan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengatasi Ketidakdisiplinan (Ketrelambatan) dengan menerapkan tata tertib sekolah diantaranya dengan disiplin waktu, dan berbagai upaya-upaya lain dan i yang menyebabkan masalah ini, diantaranya seringnya siswa datang terlambat dengan tidak tepat waktu dengan berbagai variasi alasan dai argumen siswa yang terlambat. Maka dan i itu kepala sekolah mengadakan sanksi bagi siswa yang melanggarnyadalm ketepatan hadir di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Siti NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Disiplin Sekolah
Kepala Sekolah
Keywords: Kepala Sekolah; ketidakdisiplinan siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2017 03:59
Last Modified: 11 Dec 2017 07:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21601

Actions (login required)

View Item View Item