Hubungan antara pendidikan dengan motivasi penggunaan kontrasepsi Vasektomi di Paguyuban Siwalan Mesra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santi, Dwi Rukma and Sari, Dwi Kurnia Purnama (2016) Hubungan antara pendidikan dengan motivasi penggunaan kontrasepsi Vasektomi di Paguyuban Siwalan Mesra. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nahdlatul Ulama Tuban, 1. pp. 344-350. ISSN 2338-5898

[img]
Preview
Text
Dwi Rukma Santi_Hubungan antara pendidkan dengan motivasi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Vasektomi adalah salah satu cara KB untuk laki-laki dengan menutup saluran mani melalui operasi kecil yang lebih ringan dari pada sunan atau khitan. Tujuannya, menghalangi perjalanan spermatozoa (sel mania tau bibit) pada laki-laki (BKKBN, 2002). Tingginya angka penggunaan kontrasepsi vasektomi di Paguyuban Siwalan Mesra Kecamatan Pakal Surabaya membuat peneliti ingin mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dengan motivasi penggunaan kontrasepsi vasektomi di paguyuban Siwalan Mesra Pakal Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah Analitic Jorelasi, dengan pendekatan waktu cross-sectional. Subjek penelitian ini adalah senua anggota paguyuban siwalan mesra kecamatan pakal Surabaya sebanyak 57 responden, dengan teknik simple Random Sumpling sehingga didapatkan 50 responden. Penelitian ini menggunakan instrument lembar kuisioner yang kemudian dianalisis menggunakan Uji Chi Squiare (x2). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa H0 ditolak, sehingga terdapat hubungan antara tingkat pendidikan dengan motivasi penggunaan kontrasepsi vasektomi dengan nilai x2 =14.024 dan nilai Sig 2 tailed (p)=0.001 (<0,05). Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan dapat mempengaruhi motivasi penggunaan kontrasepsi vasektomi, sehingga diharapkan masyarakat perlu lebih meningkatkan pendidikan formal untuk lebih mudah menerima informasi yang berkembang selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santi, Dwi Rukmadwirukmasanty@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Sari, Dwi Kurnia PurnamaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kontrasepsi
Kesehatan > Ibu dan Anak - Pelayanan Kesehatan
Kesehatan > Ibu dan Anak - Pelayanan Kesehatan
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan Masyarakat; Motivasi; Kontrasepsi Vasektomi
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Kesehatan
Depositing User: Santi Dwi Rukma
Date Deposited: 12 Dec 2017 01:30
Last Modified: 12 Dec 2017 01:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21596

Actions (login required)

View Item View Item