فعالية تطبيق اللعبة طعنة في ترقية فهم المقروء للتلاميذ في الفصل الثاني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafa'ah, Umi (2012) فعالية تطبيق اللعبة طعنة في ترقية فهم المقروء للتلاميذ في الفصل الثاني. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Umi Syafaáh_D02208067.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Salah satu permainan bahasa yang dianggap menarik dalam belajar bahasa Arab adalah Tusuk Kata. Permainan ini merupakan suatu cara pembelajaran yang mewajibkan siswa untuk belajar banyak menguasai kosakata . Disamping itu siswa akan lebih semangat, saling berkompetisi untuk lebih banyak memaham i ani kosakata . Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran keterampilan memahami bacaan bahasa Arab dengan menggunakan permaianan tusuk kata pada siswa kelas VII di Mts. Hasyim Asy'ari Bangsri . Pene1itian ini menggunakan rancangan penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan pre tes dan pos tes dengan observasi, angket, dokumentasi . Pembelajaran untuk melatih keterampilan berbicara dengan menggunakan tusuk kata ini mendapat sambutan baik dari siswa siswi kelas VII Mts. Hasyim Asy' ari. Namun disisi lain dalam pembelajaran dengan permaianan ini sebaiknya guru memberikan reward pada siswa yang berani untuk maju di depan kelas, agar siswa yang lain bisa lebih termotivasi dan terlatih untuk berani berkompetesi dengan temannya dalam belajar bahasa Arab. Hasil pembelajaran melatih keterampilan memahami bacaan bahasa Arab siswa kelas VII di Mts. Hasyi m Asy'ari dengan tusuk kata meningkat, hal ini bisa kita lihat dari nilai yang diperoleh siswa dari sebelum dan sesudah penerapan "penggunaan permaianan tusuk kata dengan nilai (t/t0) 5,361 dan nilai (t1) terhadap 5% derajat : 1,650 ini menu njukkan (to) lebih besar dari (t1) adalah : 5,361 > 1,65 Omaka Hipotesis Kerja (Ha) diterima dan (Ho) Hipotesis Nol ditolak. Untuk itu disarankan kepada guru bahasa Arab untuk menerapkan dan mengembangkan pembelajaran menggu nakan permaianan tusuk kata atau media lainnya demi keberhasilan pembelajaran bahasa Arab .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafa'ah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Keterampilan
Pendidikan > Pembelajaran
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Uncontrolled Keywords: Permainan tusuk kata; ketrampilan pemahaman bacaan; siswa Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Dec 2017 08:11
Last Modified: 08 Dec 2017 08:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21593

Actions (login required)

View Item View Item