فعالية تطبيق الكتاب ١٥٠ دقيقة في تعلم قراءة العربية الترقية مهارة القراءة بمدرسة منبع المعارف المتوسطة باي اتس سامبانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatichi, Mochammad (2012) فعالية تطبيق الكتاب ١٥٠ دقيقة في تعلم قراءة العربية الترقية مهارة القراءة بمدرسة منبع المعارف المتوسطة باي اتس سامبانج. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Fatichi_D02208032.pdf

Download (8MB)

Abstract

Secara luas, diantara kesulitan dalam mempelajari Bahasa Arab terletak pada perbedaan gramatika bahasa arab, dimana dalam Bahasa Arab mengenal i 'rob atau perubahan bunyi (harakat) pada akhir kata. Sementara dalam bahasa indonesia tidak mengenal hal tersebut. Tentu hal ini menimbulkan kesulitan terutama ketika membaca teks berbahasa arab. Dengan kata lain, pembelajaran keterampilan membaca bahasa arab (bahasa asing) lebih sulit dibanding dengan pembelajaran keterampilan membaca bahasa indonesia. Pembelajaran keterampilan membaca bahasa arab, sejak dahulu erat kaitanya dengan pembelajaran gramatika. Dimana untuk mengajarkan keterampilan membaca, guru terlebih dahulu mengajarkan gramatika terutama mengenai i 'rob lalu kemudian baru menerapkannya dalam pembelajaran keterampilan membaca. Pembelajaran yang semacam ini menimbulkan beberapa permasalahan. Pertama, waktu yang dibutuhkan untuk mengajarkan keterampilan membaca menjadi relatif lama karena harus diajarkan terlebih dahulu gramatika bahasa arab terutama i'rob dan siswa harus menguasainya. kedua, untuk menguasai i'rob pun siswa sering mengalami kesulitan karena banyak istilah yang harus dipaharni. Buku "' 0 • Menit Belajar Bahasa Arab" karangan Yasir Tajid SM ini, menawarkan solusi untuk mempersingkat waktu pengajaran keterampilan membaca Bahasa Arab dan mengatasi kesulitan dalam proses pemahaman i 'rob dengan membuat serangkaian rumus mudah diingat untuk menggantikan istilah dalam gramatika Bahasa Arab, sehingga siswa tidak terbebani dengan keharusan memahami dan menghafal istilah dalam gramatika itu. Dengan demikian, mempercepat pembelajaran keterampilan membaca bahasa arab. Untuk menguji apakah buku ini benar-benar dapat mempermudah dan mempersingkat pembelajaran Bahasa Arab, dan efektifitasnya untuk meningkatkan keterampilan membaca, penulis melakukan penelitian yang mengambil tempat di MTs (Madrasah Tsanawiyah) Mamba'ul Ma'arif, Banyuates, Sampang. Sampel yang digunakan adalah Teknik Sampling Non Probabilitas Type Purposive Sampling yakni pengambilan sampel dengan cara mengambil subyek didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII (f 0 siswa). Pengumpulan data dilakukan dengan metode Uji Coba, Observasi, Wawancara, Angket dan Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pencapaian kompetensi Kaidah Bahasa Arab siswa Perbedaan ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata (Pre Test) menjadi (Post Test).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatichi, MochammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Keterampilan
Pendidikan > Pembelajaran
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan membaca; pembelajaran cepat; i'rob
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 08 Dec 2017 04:01
Last Modified: 08 Dec 2017 04:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21588

Actions (login required)

View Item View Item