Pengaruh penerapan pembelajaran terpadu terhadap perilaku keagamaan peserta didik kelas VIII di SMP bilingual terpadu Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholehati, Sholehati (2012) Pengaruh penerapan pembelajaran terpadu terhadap perilaku keagamaan peserta didik kelas VIII di SMP bilingual terpadu Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Sholehati_D01208188.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam hidup manusia, dengan pendidikan ,manusia memperoleh ilmu sebagai . pedoman untuk bertindak dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pendidikan tidak lepas dari proses belajar mengajar: yang dilakukan guru. Berkaitan dengan pembelajaran yang dilaksanakan guru di kelas, maka sangat penting diterapkan pembelajaran dengan model terpadu dalam menciptakan pembelajaran yang menyeluruh sehingga diharapkan siswa memiliki perilaku keagamaan yang lebih baik. Adapun yang dimaksud dengan pembelajaran terpadu adalah suatu proses pembelaj aran yang mengaitkan atau mlibatkan berbagai bidang studi. Dalam proses belajar mengajar, tidak semua siswa memahami apa yang dipelajari sehingga karena tidak memahami pelajaran tersebut terkadang memicu siswa berperilaku menyimpang. Oleh Karena itu, pembelajaran model terpadu merupakan salah satu cara untuk meningkatkan perilaku keagamaan siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan pembelajaran terpadu di SMP Bilingual terpadu Krian Sidoarjo? Bagaimana perilaku keagamaan siswa kelas viii di SMP bilingual terpadu Krian sidoarjo? Adakah pengaruh penerapan pembelajaran terpadu terhadap perilaku keagamaan siswa di SMP Bilingual Terpadu krian Sidoarjo? Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa metode antara lain: metode observasi, interview, angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif prosentase dengan teknik analisis statistik Product moment. Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya pengaruh dari penerapan pembelajaran terpadu terhadap perilaku keagamaan siswa kelas viii di SMP Bilingual Terpadu Krian Sidoarjo. Hal ini berdasarkan dari basil yang diperoleh yaitu rxy= 0,817 yang telah dikonsultasikan pada table "r" Product moment yang terletak antara 0,70- 0,90 yang berarti kuat atau tinggi. Oleh karena itu, Rencana Pelakasanaan pernbelajaran hendaknya disesuaikan dengan kegiatan yang dilakukan oleh guru di kelas, sehingga antara Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan kegiatan di kelas terdapat kesesuaian, perilaku keagamaan peserta didik harus senantiasa dipantau agar tidak menyimpang dari ajaran agama, penerapan pembelaj aran terpadu hendaknya tetap dilaksanakan karena berpengaruh positif terhadap perilaku keagamaan peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholehati, SholehatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pembelajaran
Perilaku
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran terpadu; perilaku keagamaan; peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2017 08:30
Last Modified: 07 Dec 2017 08:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21585

Actions (login required)

View Item View Item