Pendidikan Islam integratif: studi pemikiran Abdul Malik Fadjar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Hafidh (2011) Pendidikan Islam integratif: studi pemikiran Abdul Malik Fadjar. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hafidh Kurniawan_D03304045.pdf

Download (768kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21581

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang mengkaji seorang tokoh ternama yaitu A. Malik Fadjar. Ia merupakan pemikir pendidikan yang bercorak modern, visioner dan futuristic. Ia adalah sosok ilmuwan yang bersahaja, mudah bergaul dengan lapisan masyarakat. Jabatan yang ada ditangannya lebih dilihat sebagai sarana untuk melakukan perubahan yang membawa kemajuan umat islam pada umumnya dan kemajuan dalam bidang pendidikan pada khususnya. Berbagai pengalaman telah direguk mulai tingkat lokal, nasional maupun Internasional, sehingga banyak ide-ide kreatifnya menghiasi Nusantara ini. Penulis mengambil pemikiran Abdul Malik Fadjar tentang pendidikan integratif sebagai pijakan atau alat analisa untuk melihat pengembangan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia. Untuk kemudian dapat memberikan suatu tawaran atau solusi dari hasil analisa yang diperoleh. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: bagaimana konsep pendidikan Islam meni menurut Abdul Malik Fadjar,dan bagaimana implementasi pendidikan Islam Integratif menurut Abdul Malik Fadjar. Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti menggunakan beberapa metode antara lain: deduktif, induktif, historis, dan kontekstual. Adapun jenis penelitiannya menggunakan penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan deskriptif-analitis terhadap data (primer dan sekunder) yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pemikiran Abdul Malik Fadjar tentang pendidikan integral adalah pendidikan yang mengandung komponen kehidupan yang meliputi, tuhan, manusia dan alam pada umumnya sebagai sesuatu yang integral bagi terwujudnya kehidupan yang baik. Pendidikan integratif Abdul Malik Fadjar harus mampu di realisasikan dalam bentuk nyata, karena pendidikan umum dan agama memiliki keterpaduan dan keseimbangan Sementara itu pengelola lembaga pendidikan harus mampu mengimplementasikannya dan meyimbangkan antara Tuhan, manusia dan alam bagi peserta didiknya. Konsep pendidikan integratif Abdul Malik Fadjar ini merupakan tawaran konsep pendidikan Islam Untuk Menghadapi era globalisasi, yang dari tahun ketahun mengalami perubahan di bidang teknologi dan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu pendidikan Islam seharusnya menjadi tanggung jawab untuk mendidik anak menjadi orang yang siap, tanggap serta cerdas dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Hafidh--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Biografi
Keywords: Pendidikan Islam Integratif; Abdul Malik Fadjar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2017 06:11
Last Modified: 01 Nov 2018 02:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21581

Actions (login required)

View Item View Item