Pengaruh media microsoft power point terhadap presatasi belajar siswa bidang studi PAI di Madrasah Diniyah H. Achmad Ali Benowo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romdlani, Auliya'ur (2012) Pengaruh media microsoft power point terhadap presatasi belajar siswa bidang studi PAI di Madrasah Diniyah H. Achmad Ali Benowo Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Auliyaur Romdlani_D512813.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, dan kemajuan teknologi modem saat ini, berdampak pada kehidupan manusia semakin maju dan berkembang. Begitu pula dalam dunia pendidikan , banyak diciptaknnya teknologi-teknologi baru dalam pendidikan yang telah membantu dalam perkembangan dan kemajuan pendidikan itu sendiri. Proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik apabila tercipta atau terjalin komunikasi yang baik antara pendidik dan yang di didik. Komunikasi dapat terjalin dengan baik apabila faktor-faktor yang menjadikan komunikasi tersebut menjadi baik, mampu untuk diciptakan atau disediakan. Salah satu faktor yang menunjang proses belajar mengajar adalah bila tersedianya sarana pem belajaran yang memadai. Salah satu sarana yang dimaksud adalah media pembelajaran. Dalam media komputer sebagai media pembelajaran telah diciptakan suatu aplikasi Microsoft PowerPoint. Yaitu aplikasi presentasi yang bisa di manfaatkan untuk membantu proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Penggunaan aplikasi PowerPoint adalah dengan cara materi di atur sedemikian rupa dalam aplikasi tersebut, kemudian cara penyampaiannya adalah dengan menayangkan slide bersisi materi satu persatu dengan peanampi lan yang menarik, sehingga subyek yang disuguhkan akan tertarik untuk mengikuti suatu materi yang disampailan . Untuk itulah penulis ingin menjawab masalah. Yang pertama, tentang bagaimana penerapan med ia Microsoft PowerPoint pada materi tauhid, kedua bagamana prestasi belajar siswa bidang study PAI di Madrasah Diniyah H. Achmad Ali
, ketiga adakah pengaruh media Microsoft Powerpoint terhadap prestasi belajar siswa.
Metode penelitian yang penulis digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah pada penelitian ini adalah metode observasi , intrview, angket, ujian tes, dan dokumentasi sebagai cara untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini. Setelah semua data terkumpul , pen ulis menggunakan rumus prosentase untuk menjawab apakah media Microsoft Powerpoint cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran tauhid dikelas. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dalam penggunaan media Microsof PowerPoint dalam pembelajaran tauhid, peneliti menggunakan rumus "Product moment", kem udian hasilnya dikonsultasikan pada tabel nilai "r" pada taraf signifikan I % dan 5%. besamya r table dengan df 30 pada taraf siginifikan 5 % = 0,304 dan pada taraf signifikan I % = 0,393. Jadi karena pada taraf signifikan 5 % maupun I % r xy > r tabel (0,304 < 0,624>0,393) maka berarti hipotesa altematif disetujui dan hipotesa nihil ditolak, ini berarti pengaruh media Microsoft PowerPoint terhadap prestasi belajar siswa bidang study PAI di Madrasah Diniyah H. Achmad Ali Benowo Surabaya diterima atau disetujui.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romdlani, Auliya'urUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Media
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Media microsoft powerpoint; prestasi belajar; studi PAI
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2017 08:21
Last Modified: 06 Dec 2017 08:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21572

Actions (login required)

View Item View Item