Metode pembelajaran PAI wajib belajar pendidikan dasar (wajar dikdas) di pondok pesantren salafiyah tingkat wustho Darut Ta'lim Kenjeran Surabaya

Alawiyah, Tsuroyya (2012) Metode pembelajaran PAI wajib belajar pendidikan dasar (wajar dikdas) di pondok pesantren salafiyah tingkat wustho Darut Ta'lim Kenjeran Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tsuroyya Alawiyah_D01207205.pdf

Download (11MB)

Abstract

Manusia akan dapat menjadi manusia hanya lewat pendidikan, sehingga pendidikanlah yang akan membentuk manusia di masa akan datang. Pendidikan sendiri bermakna luas, ada pendidikan formal, dan pendidikan non formal, yang dimaksud disini adalah pendidikan formal, yaitu pendidikan umum, pendidikan yang telah menetapkan materi ajarnya dengan baku dalam suatu kurikulum yang telah disesuaikan dengan kebutuhan anak didik. Di Indonesia peraturan menteri menetapkan wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun, yakni minimal pendidikan bagi warga Negara Indonesia, yaitu telah menempuh 9 tahun masa pendidikan formal, 6 tahun pada SD atau setara SD, dan 3 tahun pada SMP atau setara SMP. Berdasarkan latar belakang masalah di atas peneliti menemukan suatu permasalahan yang menjadi fokus masalah dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimana pendidikan Wajar Dikdas di PPS. tingkat Wustho Darut Ta'lim Kenjeran Surabaya? Dan Bagaimana penerapan metode pembelajaran PAI Wajar Dikdas di PPS. tingkat Wustho Darut Ta'lim Kenjeran Surabaya? Permasalahan ini dikaji melalui pendekatan teoritis dan empiris. Penelitian mengenai metode pembelajaran ini juga menggunakan jenis penelitian lapangan <field research). Oleh karena itu sesuai dengan judul di atas, peneliti menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Dari hasil paparan data dan analisis data, dihasilkan bahwa Pendidikan PPS. Tingkat Wustho Darut Ta'lim Kenjeran Surabaya hampir sama dengan pendidikan formal sederajat lainnya dilihat dari teknisnya yaitu metode ataupun sistem pembelajaran yang digunakan. Bagaimanapun karena PPS. Tingkat Wustho Darut Ta'lim Kenjeran Surabaya adalah Program Wajar Dikdas paket B maka tentu tetap ada perbedaan dengan pendidikan di MTs pada umumnya. Dan hasil berikutnya adalah berbagai macam metode pembelajaran yang ada dengan kelebihan dan kelemahannya sudah diterapkan di PPS. Tingkat Wustho Darut Ta'lim Kenjeran Surabaya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Muallifah, Ilun
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; pondok pesantren salafiyah; wajib belajar
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pesantren
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2017 04:57
Last Modified: 06 Dec 2017 04:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21570

Actions (login required)

View Item View Item