Upaya peningkatan kesejahteraan petani melalui pemanfaatan teknologi tepat guna oleh Serikat Petani Indonesia (spi) di Desa Pranggang Plosoklaten Kediri

Zam-Zami, Abdul Hakam (2009) Upaya peningkatan kesejahteraan petani melalui pemanfaatan teknologi tepat guna oleh Serikat Petani Indonesia (spi) di Desa Pranggang Plosoklaten Kediri. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abdul Hakam Zam-Zami_B02303013.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21568

Abstract

Masalah yang diteliti dalam hal ini adalah : (1) Bagaimana Upaya Peningkatan Kesejahteraan Petani melalui Teknologi Tepat Guna oleh Serikat Petani Indonesia (SPI) di Desa Pranggang Plosoklaten Kediri; (2) Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat; dan (3) Bagaimana Relevansinya dengan Dakwah Pemberdayaan Masyarakat Islam. Dalam menjawab pesoalan tersebut, penelitian menggunakan penelitian sosial yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Strategi pelaksanaan program pemberdayaannnya disesuaikan dengan kondisi para petani di Desa Pranggang, Plosoklaten, Kediri. Yang semoga dapat bermanfaat bagi mereka dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Dengan harapan membaiknya kondisi kehidupan perekonomian mereka, sebagai penunjang ibadahnya sebagai seorang muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam kepada informan-informan yang di pilih peneliti untuk dimintai keterangan menyangkut kegiatan pemberdayaan, melakukan observasi, serta data-data pendukung lainnya seperti dokumen-dokumen tertulis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa; dalam meningkatkan keberdayaan masyarakat oleh Serikat Petani Indonesia (SPI) Wilayah Kediri, melalui pembuatan pupuk organik, untuk penunjang kesejahteraan ekonomi mereka. Berdasarkan masalah dan kesimpulan tersebut. Kiranya tema ini dapat dijadikan masalah penelitian berikutnya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Syam, Nur
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan petani; teknologi tepat guna; Serikat Petani Indonesi
Subjects: Pertanian
Teknologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2017 04:18
Last Modified: 01 Nov 2018 02:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/21568

Actions (login required)

View Item View Item